Vivo Y83 Resmi Dirilis dengan Chipset Premium MediaTek Helio P22

Vivo kembali menggebrak pasar smartphone kelas menengah di Cina dengan menghadirkan Vivo Y83. Smartphone ini hadir dengan otak MediaTek Helio P22 yang saat ini menjadi Chipset Premium dengan clock speed 2.0 GHz yang dipasangkan dengan GPU PowerVR GE8320 untuk urusan grafisnya.

Vivo Y83
Vivo Y83

Smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan RAM sebesar 4 GB yang dipasangkan dengan storage berkapasitas 64 GB. Tak ketinggalan, Vivo juga tetap menyematkan slot microSD untuk menampung data tambahan milik pengguna hingga 256 GB.

Vivo Y83 hadir dengan membawa konsep desain mirip atau bahkan sama dengan Vivo V9, yakni memiliki sedikit poni (notch), bezel-less, aspek rasio 19:9 dan menggunakan kamera selfie beresolusi 8 MP yang sudah dilengkapi teknologi Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Selain itu, kamera ini juga berfungsi untu memindai wajah atau biasa disebut dengan Face Unlock.

Untuk kamera belakangnya, Vivo Y83 membekalinya dengan sensor 13 MP yang dilengkapi phase detection autofocus, LED flash yang tentu kualitasnya juga lumayan bagus.

Vivo Y83 menjalankan OS Android 8.0 Oreo dan dual-SIM yang memiliki layar IPS HD+ dengan resolusi 720×1520 piksel di mana penampang layarnya selebar 6,22 inch. Seperti yang disinggung di atas, smartphone ini didukung oleh chipset MediaTek Helio P22 octa-core. Menurut rilis resmi MediaTek, chipset ini merupakan komponen yang dirancang khusus untuk smartphone terjangkau yang membawa proses manufaktur 12nm.

Secara khusus MediaTek Helio P22 mampu mendukung pengaturan kamera ganda dan kecerdasan buatan (AI) melalui MediaTek NeuroPilot. Chip ini dikatakan mendukung kerangka kerja AI umum, termasuk TensorFlow, Caffe, dan Caffe2, dan dilengkapi dengan fungsi auto-select untuk mendukung fitur-fitur canggih seperti Face Unlock, dan mode Bokeh.

Performa chipset ini didukung oleh RAM LPDDR3 4GB, dan penyimpanan internal seluas 64GB yang dapat diperluas dengan microSD sampai dengan 256GB.

Vivo membanderol Vivo Y83 dengan harga 1.489 Yuan atau sekitar Rp3,2 juta. Sayangnya Vivo tidak mengonfirmasi apakah nantinya smartphone ini juga akan dipasarkan di luar Cina atau tidak. Seperti kita ketahui, India dan Indonesia adalah pasar potensial bagi Vivo untuk memasarkan smartphone semacam ini.