Trik Mengendalikan Smartphone Dengan Suara

Saat ini Android menjadi platform yang paling banyak diadaptasi oleh smartphone. Hal itu karena Android memang mudah untuk dikustomisasi dan juga mudah bagi developer dalam mengembangkan aplikasinya. Yang menarik, karena memang merupakan platform milik Google, Android ini didukung penuh oleh Google. Bukan hanya tampilan dan fitur baru di update sistem operasi. Google juga selalu menambahkan fitur baru agar pengguna android semakin mudah dalam mengoperasikan android nya.

 

Trik Mengendalikan Smartphone Dengan Suara 2

Sebagai bukti nyata Google mengeluarkan sebuah fitur terbaru yang bernama Google Now. Fitur ini memudahkan para penggunanya untuk mengakses menu-menu atau mencari di mesin pencari Google hanya dengan menggunakan perintah suara saja. Google Now ini juga bisa Anda gunakan pada perangkat android Anda, namun hanya sebatas perintah-perintah tertentu saja. Tidak bisa untuk mengakses semua menu atau aplikasi yang ada di perangkat android Anda.

Berbeda dengan aplikasi Google Now, aplikasi yang bernama Voice Access mempunyai kelebihan yang dapat menjalankan dan melakukan aktifitas di android hanya dengan perintah suara. Dengan aplikasi Voice Access ini maka semua menu atau pun aplikasi yang ada di dalam perangkat android Anda akan dengan mudah untuk anda kendalikan hanya dengan perintah suara saja. Seperti misalnya, membuka pemutar musik, memilih musik, mengetik, membuka halaman tertentu dan masih banyak lagi. Penasaran bukan bagaimana caranya?

1. Download dan Install Aplikasi Voice Access melalui Google Play Store. Lalu aktifkan Voice Access di Accesibility Settings agar aplikasi ini bisa digunakan untuk mengakses smartphone Anda dengan menggunakan perintah suaranya.

2. Langkah selanjutnya untuk memulai perintah suara, Anda harus mengucapkan “OK Google” lalu diikuti “Start Voice Access”. Namun, jika aplikasi tidak merespon maka Anda perlu mengaktifkan Voice Access menggunakan Activation Button yang ada di pengaturan Voice Access.

3. Jika Anda berhasil mengaktifkannya, maka akan muncul angka-angka pada aplikasi di layar di smartphone Anda. Dengan angka-angka inilah yang akan menjadi acuan Anda untuk melakukan perintah suara.

Bagaimana, menarik bukan? Dengan tips dan trik diatas pasti bisa membuat smartphone Android Anda terlihat lebih canggih dan keren. Selamat mencoba. Sampai jumpa di pembahasan tips dan trik selanjutnya.