Panduan BlackBerry / Review BlackBerry / Tips BlackBerry / Umum

Tips dan Trik Menggunakan Blackberry Playbook

Advertisement

Blackberry tablet

BlackBerry PlayBook adalah tablet pertama besutan RIM (Research In Motion) yang selama ini terkenal karena ponsel bb nya. Karena itu, tablet berwarna hitam pekat ini layak untuk diteliti lebih lanjut. Meski ada buku manual cara pemakaiannya, tapi ada juga loh beberapa hal yang tak mudah ditemukan. Agar pengalaman anda dalam ber-BB-PlayBook lebih seru, simak tips & trik BlackBerry PlayBook berikut:

Mengubah wallpaper
Masuk ke aplikasi gambar (picture), pilih foto yang ingin dijadikan wallpaper, usap ke bawah dan pilih pilihan jadikan wallpaper (set as wallpaper).

Hidupkan dengan usapan
Saat memasuki mode siaga (standby), biasanya kita menggunakan tombol power kecil untuk menghidupkannya. Tapi ada cara yang lebih unik dan mudah, yakni cukup usap dari panel layar atas ke bawah atau dari sisi kiri ke sisi kanan.

Masuk mode siaga
Untuk memasuki mode siaga, kita bisa menekan tombol power fisik yang disediakan PlayBook. Atau juga bisa dengan membiarkannya begitu saja, sampai batas waktu pengaturan “Standby Time out”. Pengaturan dari sananya sih 2 menit. Tapi kita bisa mempercepatnya hingga 30 detik. Jadi, begitu Blackberry PlayBook tak digunakan dalam 30 detik, otomatis ia akan memasuki mode siaga.
Matikan/Restart
Untuk mematikan atau me-restart, tekan dan tahan tombol power sekitar 2 detik dan nanti akan muncul semacam pop-up yang menyediakan pilihan apakah ingin mematikan atau restart.

Kunci PlayBook dengan password
Untuk men-seting password di PlayBook, masuk ke menu Pengaturan (setting) > Keamanan (security) > Password.

Me-restart PlayBook yang terkunci
Caranya mudah, tekan dan tahan tombol power sekitar 10 – 15 detik dan PlayBook akan me-restart dirinya, meski sedang terkunci.

Usap untuk menampilkan pilihan
Saat menggunakan aplikasi baru, biasakan untuk selalu mengusap dari permukaan atas ke bawah. Karena pada kebanyakan aplikasi, cara ini akan menampilkan pilihan pada aplikasi yang akan sangat berguna dalam mendalami aplikasi tersebut.

Memfoto layar (screen capture)
Screen capture memang dipopulerkan oleh PC, dan kemudian diadopsi untuk BB. Nah, untuk menggunakan fitur keren ini, caranya sangat mudah. Tekan tombol volume + dan – secara bersamaan.

Usapan diagonal
Saat sedang berada di aplikasi, usapkan jari secara diagonal untuk menampilkan status bar (bar yang menampilkan jam, setingan, orientasi penguncian, dsb)

Buka Menu, cut dan paste
Cara yang satu ini sebenarnya lazim digunakan pada ponsel touchscreen BB semisal Torch. Gerakan tekan dan tahan pada layar (tap and hold), sangat berguna saat browsing internet. Kita bisa menggunakan cara ini untuk membuka halaman di tab baru atau menyimpan gambar yang ada di web ke PlayBook. Ketika digunakan pada aplikasi word, cara ini bisa untuk men-cut dan paste tulisan.

Blackberry tablet