Tips Bagi Yang Ingin Membeli BlackBerry Baru

Tingginya peminat pengguna BlackBerry tentunya menarik pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memalsukan SmartPhone yang satu ini, baik dengan mengatakan barang ini asli, baru atau unlock yang bisa digunakan untuk semua jenis SIM Card yang ada di indonesia. Dengan penjualan SmartPhone BlackBerry di indonesia yang rata – rata mencapai angka sampai dengan 400.000 unit per tahun sebuah angka yang fantastis.

Nah bagi anda yang tidak ingin kecolongan ketika membeli SmartPhone BlackBerry baru di counter – counter yang tidak resmi, sebaiknya anda memahamai bagaimana cara mengetahui BlackBerry yang akan anda beli tersebut asli atau palsu, baru atau rekondisi (barang sudah dipakai, di rekondisi seperti baru lagi), dan unlock atau tidak? Berikut hal yang mesti anda ketahui serta cara untuk mengetahuinya :

  • Apakah BlackBerry yang akan anda beli baru atau tidak ?. setelah anda beli buka aja di toko / konter dimana anda membeli kemudian nyalakan BlackBerry tersebut. Setelah itu masuk ada menu OPTION ->STATUS dari Home Screen, aktifkan Capslock dan ketikkan BUYR, maka akan tampil data pemakaian bicara (telpon) dari BlackBerry tersebut. jika menunjukkan angka lebih dari 250K atau 1 minutes dipastikan BlackBerry yang sedang anda pegang bukan BlackBerry Baru tapi BlackBerry Second yang di permak menjadi baru.
  • Apakah BlackBerry yang akan anda beli UNLOCK/LOCKED?. Untuk mengetahuinya Masuk pada menu Option¬† dari Home Screen kemudian pilih Advanced Option, aktifkan Capslock dan ketikkan MEPD. Maka akan tampil status dan pastikan data yang tampil adalah sebagai berikut : SIM, network, network subset, service provider, Corporate dalam kondisi DISABLED. Jika ada yang ENABLED, atau bahkan semuanya ENABLED, berarti status dari¬† BlackBerry yang akan anda beli adalah “LOCKED” (tidak bisa digunakan semua jenis SIM Card/Provider).
  • Apakah BlackBerry yang akan anda beli Asli atau Palsu ?. Untuk hal yang satu ini bisa anda mulai dengan melihat Kardus BlackBerry yang anda beli, kondisi segel dan hologram. Setelah itu cocokkan IMEI yang ada pada kardus dengan BlackBerry di belakan battere dan juga lihat IMEI dari Home Screen pilih menu Option -> Status.

Semoga bagi anda yang akan membeli BlackBerry baru tidak kecolongan dengan penawaran – penawaran pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab.
* dari OPTION > STATUS
* Ketikan dengan CAPSLOCK dinyalakan TEST
* jalankan semua test (centang) dan NEXT.