Panduan BlackBerry / Review BlackBerry / Tips BlackBerry / Umum

Tips Agar Kartu Memory di Perangkat Blackberry Awet

Advertisement
Memory Blackberry
Memory Blackberry

Hmm di perangkat BB mungkinkan anda untuk instal berbagai aplikasi karena bnyk memory yg tersedia, contoh bila anda memiliki Blackberry Touch 9800 yang dilengkapi dengan memory internal 4GB dan support untuk memory eksternal removable microSD hinggal 16 GB, Hmm banyaknya memory yang kosong kadang membuat kita tergoda untuk isi aplikasi entah itu foto, film , aplikasi ataupun musik.


Jika Anda mengalami hal yang demikian, sepertinya Anda harus mengenal Mass Storage Mode BlackBerry yang pasti berguna bagi Anda. Apa sebenarnya fungsi dari cara ini? Alangkah baiknya jika Anda membaca kasus ini terlebih dahulu.

Dengan menggunakan kabel micro USB yang standard, Anda dapat menghubungkan perangkat apapun ke komputer dan menggunakan smartphone sebagai external drive. Semenjak BlackBerry menggunakan standard USB maka Anda tidak akan menemukan trouble saat menghubungkan memory card ke smartphone. BlackBerry Anda pun akan muncul sebagai salah satu drive removable, sehingga Anda tinggal melakukan transfer dari atau ke perangkat manapun sesuai yang Anda mau.

Seperti saat Anda melakukan hal yang serupa pada perangkat Flash Disk ke komputer. Untuk mencabutnya, perlu kehati-hatian tersendiri ketika Anda mencabutnya, Anda diharuskan melakukan safely remove device agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Begitu pula bila perangkat BlackBerry Anda terpasang pada komputer, Anda harus memastikan bahwa Anda benar-benar aman sebelum mencabut BlackBerry dari komputer tersebut.
Berikut ini caranya .Cara ini mungkin tidak terlalu penting bagi sebagian orang, tapi sebagai ide, baiknya Anda mematikan kartu memori terlebih dahulu. Dengan begitu maka tidak akan ada data yang dibaca saat akan mengeluarkan kartu. Berikut ini adalah caranya sesuai dengan OS:

  • OS5: Options-> Memory-> Change media card support to “Off”Â� (Anda akan perlu mengubah ini kembali setelah menginstal ulang kartu microSD).
  • OS6: Options-> Device-> Storage-> Press the menu key and choose “Safely Remove Media Card” (setelah kartu baru dimasukkan, Anda mungkin perlu kembali ke sini dan pilih “Instal Media Card” dari menu yang sama).

Jadi, mulai sekarang jaga Kartu memori Anda, biarkan seolah dia tahu kapan Anda men-connect atau men-disconnect-kannya apakah dari perangkat komputer atau dari dalam BlackBerry Anda. Dan ingat, biasakan menggunakan removable storage.

Memory Blackberry