Smartphone Anda Sering Panas ? Inilah Penyebabnya Yang Harus Anda Tahu!

Smartphone ini tidak berbeda dengan komputer yang memiliki pendingi built ini. Oleh karena itu, tidak jarang smartphone satu ini sering mengalami overheating. Selain panas, kinerja smartphone melambat dan tentunya ini tidak akan membuat Anda merasa nyaman dalam menggunakan smartphone.

Smartphone Overheat
Smartphone Overheat РSource: rsinewsupdate.files.wordpress.com

Seperti yang sudah diketahui bahwa setiap alat elektronik akan menjadi hangat saat digunakan dan hal ini memang normal. Saat aliran listrik bekerja, mereka akan menghasilkan panas. Akan tetapi saat suhu itu terus meningkat, bisa jadi ada masalah yang lebih serius.

Saat ini smartphone sudah banyak sekali dipakai dari kalangan anak-anak sampai dewasa sudah menggunakannya. Nah karena itulah dalam artikel kali ini saya akan membahasa mengenai smartphone yang sering panas. Pasti Anda pernah mengalaminya bukan ? Apalagi disaat Anda bermain game online. Sebenarnya ada penyebabnya mengapa smartphoe yang sering digunakan cepat panas. Pasti Anda ingin tahu bukan ? Simak artikelnya berikut ini!

1. Bermain game online dalam waktu yang lama

Biasanya disaat asik bermain game, apalagi anak-anak sering lupa waktu. Disaat sudah menyelesaikan bermain game maka smartphone menjadi panas. Ini dikarenakan game online ternyata banyak menggunakan RAM dan inti pemrosesan smartphone dan ditambah lagi di dalamnya banyak grafis yang harus diproses.

2. Menggunakan smartphone saat di charge

Saat smartphone dicharge sebaiknya jangan digunakan terlebih dulu. Tenang saja, baterai tidak akan rusak, kok.
Akan tetapi ini akan membuat smartphone semakin panas. Selain itu, proses pengisian akan memakan waktu yang lebih lama.

3. Smartphone diserang virus atau malware

Virus dan malware bisa berasal dari aplikasi, iklan, dan berbagai file yang diunduh dari internet. Mereka akan menggunakan bermacam software lain untuk menyebarkan diri. Kinerja smartphone kamu pun akan melambat, lagging, dan tentunya overheating.

4. Terlalu banyak multi tasking aplikasi

Kamu pasti pernah membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu. Apalagi untuk pengguna Android yang sudah bisa menerapkan split screen.
Multi tasking di smartphone akan membuat banyak aplikasi yang dibiarkan terbuka. Tentunya ini akan membuatnya bekerja dengan ekstra sehingga suhu yang dihasilkan semakin tinggi.

5. Terpapar sinar matahari

Tidak hanya faktor dari dalam, faktor luar juga bisa mempengaruhi overheating. Contohnya, saat Anda meninggalkan smartphone di dalam mobil yang mati dan terpapar sinar matahari.

Itulah penyebab kenapa smartphone Anda sering panas. Oleh karena itu, Anda yang sudah mengalaminya bisa dicoba hindari penyebab smartphone seperti diatas. Semoga bermanfaat dan jangan lewatkan berita menarik lainnya disini.