Saingi Qualcomm, Huawei Kembangkan Chipset Kirin 710

HiSilicon Technologies, yang tak lain anak perusahaan dari Huawei, dilaporkan akan meluncurkan prosesor baru sebagai upgrade dari SoC pendahulunya Kirin 659, yakni Kirin 710 pada bulan Juni tahun ini.

Huawei Kirin 710
Huawei Kirin 710

Sebagaimana dikatakan sumber di industry, sesuai namanya kehadiran prosesor ini disebut akan diposisikan sebagai pesaing langsung dari Qualcomm Snapdragon 710.

Chip baru tersebut akan hadir dengan core Cortex-A73 dan akan dibuat dalam proses 12nm. Sebagai perbandingan, chip Qualcomm memiliki core Kryo berbasis A75 dan dibuat dalam proses 10nm.

Baru-baru ini juga sudah ada beberapa pabrikan yang mengumumkan bahwa mereka siap untuk menggunakan chipset Snapdragon 710. Dua diantaranya adalah Xiaomi yang telah menelurkan Mi 8 SE dan Vivo yang rencananya akan meluncurkan Vivo NEX dengan chipset terbaru buatan Qualcomm ini.

Selain Xiaomi dan Vivo yang sudah mengonfirmasi, ada juga HMD Global yang kabarnya akan meracik smartphone Nokia terbarunya di tahun ini dengan chipset Snapdragon 710. Selain itu, Google juga disebut-sebut sedang mempersiapkan satu smartphone Pixel terbarunya yang didukung chipset yang sama.

Sementara Huawei, diperkirakan akan meluncurkan serangkaian smartphone berbasis Kirin 710 untuk mengkonter smartphone pesaing yang menggunakan Snapdragon 710. Adapun smartphone pertama dengan Kirin 710 mengarah ke Huawei Nova 3 yang diperkirakan akan diluncurkan pada Juli nanti. Smartphone ini akan memiliki fitur layer berasio 19,5:9 dan support kamera dua lensa.

Selain itu, masih menurut sumber anonym, Huawei juga diketahui memiliki dua model smartphone seri PRA-AL00 dan PRA-TL00 yang telah perifikasi untuk memenuhi standar 3C (Cina Compulsory Certification).