Review BlackBerry / Umum

Perbedaan GSM dan CDMA di Blackberry

Advertisement

Blackberry+Curve+8520+8530+9300

 

Seperti kita ketahui Blackberry di produksi olen RIM itu ada beberapa enis tanpa terkecuali BlackBerry PlayBook.yaitu Blackbery GSM dan Blackberry CDMA dan BlackBerry Yang suport GSM Dan CDMA seperti BlackBery STORM.dll.

Dahulu saat pertama kali Blackberry hadir di Indonesia banyak yang masih menggunakan jaringan GSM. Dan kini, setelah sebelumnya operator Smart yang bermain di BB CDMA, juga telah hadir Blackberry 8530 AHA.

AHA itu Esia bukan? setahu saya AHA itu divisi dari btel bagian data sedangkan Esia menangani bagian voice, dengan sistem penomoran sama. Bedanya esia gak bisa data sedangkan AHA bisa data & voice sekaligus, untuk tarif voice juga sepertinya sama.

Berikut Perbedaan GSM dan CDMA di Blackberry secara garis besar :
Mengenai tarif secara global, bukan rahasia lagi ya kalau CDMA masih lebih murah ketimbang GSM
Kalau bicara masalah kecepatan data, rata rata BlackBerry CDMA sekarang sudah 1xEVDO yang setara 3G-3.5G.Kualitas jaringan CDMA bagaimana? CDMA atau GSM bukan faktor penentu jaringan tapi operator, bandwith, jumlah pengguna dll.
Blackberry GSM menggunakan kartu SIM, sedangkan Blackberry CDMA yang hadir di Indonesia tidak mengunakan kartu, istilah nya inject. Inject sendiri adalah sebuah proses mendaftarkan ESN ke sistem jaringan mereka.
Jadi sekarang sudah pahamkah anda tentang perbedaan BlackBerry GSM dan BlackBerry CDMA.

Blackberry+Curve+8520+8530+9300