Panduan BlackBerry

Penjelasan mengenai Clipboard pada Blackberry

Advertisement

Untuk Pemula pasti Kebingungan mengenai Clipboard, apa itu clipboard? apa fungsinya maka dari itu pada hari ini PanduBB akan menjelaskan mengenai Clipboard

Blackberry 
Blackberry 

Pertama Kali Clipboard di kenalkan oleh Microsoft sebagai suatu file atau teks atau gambar yang kita copy akan di simpan pada Clipboard.

Clipboard bersifat virtual, yang disimpan di dalam RAM/memory suatu sistem operasi. Untuk melihat isi teks yang kita copy ke clipboard, kita perlu paste-kan ke aplikasi yang mempunyai teks editor. Jika file yang dicopy, maka kita harus paste-kan ke suatu folder.

Di sistem operasi Windows, ada suatu aplikasi yang bernama clipboard viewer, dimana kita bisa melihat hasil copy-an kita. Di BlackBerry OS, belum ada aplikasi untuk melihat isi clipboard, satu-satunya cara adalah di-paste ke field teks editor.

Kadang di BB, kita tanpa sengaja sering tertekan copy to clipboard atau copy history, mungkin juga teks itu bersifat rahasia. Untuk menghapusnya cukup gampang, jika situasi urgent, cukup cabut baterai dan pasang kembali. Proses reboot akan membersihkan semua memory yang ada di RAM.

Cara manual tanpa reboot adalah melakukan memory cleaning, menunya ada di Option – Security – Memory Cleaning.

Memory clipboard hanya akan menyimpan objek/teks terakhir yang kita copy. Jika kita melakukan copy teks yang berbeda 2 kali berturut-turut, maka teks yang akan disimpan ke memory adalah yang terakhir di-copy.

Sekian dari kami semoga bermanfaat, terimakasih kunjungannya ke pandubb sampai jumpa di post selanjutnya.

Blackberry