Panduan BlackBerry / Tips BlackBerry

Menghapus Aplikasi yang Error Lewat Safe Mode

Advertisement

Sebagai perangkat pintar BlackBerry terkadang membuat kita sangat enjoy namun tak jarang kita juga dibikin pusing karenanya. Hal ini disebabkan kita dapat dengan gampang bongkar pasang aplikasi di perangkat ini. Apalagi jika kita mengaktifkan paket BIS nya, kita dapat dengan mudah mencari dan mendapatkan macam- macam aplikasi yang kita inginkan baik yang full gratis maupun yang berbayar. Kita hanya tinggal membuka aplikasi Appworld di perangkat kita in. maka ratusan bahkan ribuan aplikasi unik dapat kita download dan install di BlackBerry kita.

Namun bongkar pasang apilkasi baik aplikasi utility, game atau aplikasi lain terkadang menyebabkan BlackBerry tidak dapat berjalan seperti biasanya kita atau terkadang dapat menimbulkan masalah seperti tiba – tiba hang atau layar freeze (putih/gelap). Dan jika masalah tersebut timbul setelah kita menginstall aplikasi tertentu di BlackBerry kita yang sebelumnya tidak ada masalah, maka dapat dipastikan jika penyebabnya adalah software tersebut, bisa jadi karena tidak support dengan jenis BlackBerry kita atau tidak support untuk OS yang terinstall di BlackBerry atau proses instalasi yang tidak sempurna karena ada file yang kurang yang disebabkan proses download yang tidak lengkap. Dan untuk mengatasi hal tersebut tentunya kita harus membuang / uninstall aplikasi yang bermasalah tersebut. Namun bagaimana caranya membuang karena BlackBerry kita dalam kondisi Hang atau bahkan dalam kondisi FREEZE?.

Berikut tips bagaimana menghapus aplikasi yang menyebabkan BlackBerry Error lewat Safe Mode :

  • Tekan tombol ALT + shift kanan + del secara bersamaan untuk melakukan Soft Reset atau anda dapat melakukan Hard Reset dengan cara mencabut baterai BlackBerry dan memasangnya kembali.
  • Tekan segera tombol back  atau exit pada saat lampu led menyala merah.
  • Tetap tekan dan Tahan tombol Back atau Exit untuk beberapa detik hingga muncul logo atau tulisan Blackberry pada layar. Tunggu beberapa saat kemudian di lepaskan.
  • Jika berhasil, layar akan menampilkan sebuah notifikasi, lalu klik ‘OK’.
  • Biarkan BlackBerry andan menyala dalam kondisi Safe Mode. setelah itu anda bisa meng-uninstal aplikasi terakhir yang anda install yang menyebabkan BlackBerry anda bermasalah (eror) dan selanjutnya anda bisa restart kembali perangkat anda.

Semoga membantu..!

BB-9900