Panduan BlackBerry / Review BlackBerry / Tips BlackBerry / Umum

Keyboard Fisik Blackberry Passport Sebagai Trackpad?

Advertisement
Blackberry Passport Trackpad
Blackberry Passport Trackpad

Blackberry Passport memakai Keyboard Fisik sebagai antar muka yang dikombinasikan dengan keyboard virtual untuk beberapa karater tambahannya, tapi bisakah Keyboard fisik passport menjadi Trackpad?, hehhe berikut ini Ulsanannya 😀

Meski sama-sama memiliki keyboard seperti Q10 dan Q5, BlackBerry Passport mempunyai keistimewaan di keyboardnya, yaitu dapat merespon dengan mengusapnya saja, sama seperti fungsi trackpad pada perangkat BlackBerry lawas. Ketika kita usap keyboard Passport ke arah tertentu, maka akan memberikan perintah khusus seperti menghapus kata pada ketikan yang salah, menarik bukan? Nah, berikut beberapa tindakan pada keyboard BlackBerry dan fungsinya

1. Menghapus satu kata
dengan menyapu jemari ke arah kiri satu kali di atas keyboard BlackBerry Passport akan menghapus satu kata sebelumnya , jika duakali swipe maka akan menghapus dua kata dan seterusnya.

2. Menggulir halaman
Jika Anda membuka suatu halaman aplikasi seperti browser atau list picture, bisanya anda menggeser ke arah bawah dengan menyapu atau menggesernya dilayarnya atau menggunakan trackpad (jika tersedia). Namun dengan Passport semua keyboard fisik berfungsi sebagai trackpad untuk menggulir halaman keatas atau kebawah dan juga dapat menggeser kekanan dan kekiri jika halaman tersebut dapat digiser kekanan dan kekiri.

3. Memunculkan dan merubah karakter
Jika dalam mode menulis dan kita ingin menampilkan angka atau karakter-karakter maka kita bisa men tap logo yang bertuliskan @123 yang ada di kanan bawah layar. Namun ada cara lain untuk melakukan menampilkannya yaitu dengan menyapu dari baris teratas ke bawah. Pada swipe pertama akan muncul angka dan beberapa karakter, dan swipe ke dua akan muncul alternatif karakter lainny dan swipe yang ke tiga virtual keyboard akan menutup.

4. Memblok kata
Munculkan terlebih dahulu virtual keyboard, bisa dengan menyapu keyboard dari atas kebawah, akan ada tombol SHIFT dan tandai tulisan yang ingin diblok dengan keyboard sebagai trackpadnya.

5. Mengambil prediksi kata
Dengan mengusap keyboard dari arah bawah ke atas, maka prediksi kata yang muncul akan dapat dipilih.

Mungkin masih banyak tips usap-mengusap lainnya yang belum ditemukan dan dicoba, nanti kedepannya akan diupdate kembali yang lainnya.

Blackberry Passport Trackpad