Tips BlackBerry

Jurus Jitu Mengamankan Data BlackBerry

Advertisement

Perangkat BlackBerry yang anda miliki tentunya tidak hanya anda gunakan sebagai telepon saja sebagaimana telepon seluler biasa, karena anda dapat melakukan hal yang lebih dari sekedar nelpon dan SMS. Sebagaimana kita ketahui bahwa BlackBerry merupakan SmartPhone (Telepon Cerdas) yang memiliki fungsi hampir sama dengan komputer dalam urusan data. Jadi kita dapat menyimpan dan membaca beberapa format data di SmartPhone BlackBerry yang kita miliki seperti untuk data gambar/photo, word, excel, powerpoint dan data – data penting lainnya.

Tetapi ada hal yang perlu kita waspadai yaitu jika suatu saat SmartPhone BlackBerry yang kita miliki akan mengalami error/rusak atau ada orang – orang iseng yang dapat membaca data rahasia anda. Maka sangatlah perlu kita untuk jaga – jaga hal tersebut dengan menyelamatkan atau membackup data yang ada di SmartPhone BlackBerry kitap> seperti, Kontak (telepon, email, dan BBM) atau pesan (SMS, BBM, Whatsup, dan Email), Data (Gambar, Video, Musik) Dll.

Lakukan langkah – langkah berikut untuk melindungi data anda:

  1. Pasang Password pada BlackBerry : anda dapat melindungi SmartPhone BlackBerry anda dengan password sehingga orang lain tidak dapat membaca SmartPhone BlackBerry anda. Masuk pada : Optios –> Security –> Password. Masukkan password yang anda gunakan.
  2. Aktifkan Enkripsi Pada Kontak dan File : Anda dapat melindungi data anda dengan meng-enkripnya. Untuk melakukan enkripsi caranya masuk pada menu Options –>Security –>Encryption, ceklis/centang padabagian Encrypt. Centang pilihan kontak dan Media File. Kemudian Tekan tombol menu (logo BB) dan klik Save.
  3. Backup Data ke Memori (Sd Memory) : Anda dapat menyimpan data yang ada di SmartPhone BlackBerry anda ke media penyimpanan eksternal atau memori sehingga jika suatu saat SmartPhone BlackBerry anda mengalami error dan butuh di install ulang, anda masih dapat mengembalikan data ang tersimpan setelahnya. Caranya cukup mudah yaitu dari menu utama klik Setup –>Device Switch –> Using a Media Card –>Save Data. Klik Continue, masukkan kata kunci pada kolom Password dan ulngi pada kolom Confirm. Klik Save, tunggu hingga proses backup selesai.
  4. Backup Data BlackBerry Ke Komputer : Untuk melakukan backup data yang anda pada SmartPhone BlackBerry, anda memerlukan BlackBerry Desktop Manager di komputer anda.

Semoga bermanfaat..!

BB-pro