Review BlackBerry / Umum / Update

Inikah cara agar Priv jadi Perangkat Android yang Aman?

Advertisement

Nampaknya setelah terlihat perangkat dari Blackberru Priv ini semakin mendekati kenyataan perangkat Blackberry pertama yang memakai OS android itu kabarnya akan mulai meluncur pada akhir minggu ini.

BlackBerry Android, BlacBerry Priv
BlackBerry Android Priv

Dapat dikatakan banyak orang yang telah menanti kehadiran perangkat ini. apalagi perangkat ini dibuat oleh produsen smartphone yang utamakan keamanan dengan os paling populer didunia, tapi ada 1 yang masih di pertanyakan yaitu gimanakah cara Blackberry memberi keamanan perangkat mereka saat memakai OS yang banyak kebocoran itu?

Menurut sebuah postingan di blog BlackBerry, Google akan memberikan update keamanan setiap bulan kepada para pemilik Priv yang membeli perangkat mereka melalui BlackBerry. Beberapa retailer, termasuk rekanan dari operator seluler juga setuju untuk bekerja sama memberikan update yang akan diberikan secara OTA kepada para pemilik perangkat Priv.

Beberapa masalah yang ada pada Android kadang tidak bisa dibiarkan, menunggu update bulanan. Agar bisa diatasi dengan lebih cepat, BlackBerry akan memberikan pelayanan hotfix, yaitu mengirimkan kode untuk memperbaiki masalah kepada para pemiliki Priv. Hal ini telah direncanakan untuk masalah yang sangat serius, yang memerlukan respon cepat untuk memperbaikinya. Karena kode yang dikirimkan sangat terbatas, uji coba yang dilakukan sebelum kode hotfix dirilis itu dilakukan secara acak agar bisa digunakan untuk menghilangkan masalah tersebut. BlackBerry mengatakan bahwa mereka memiliki cara agar patch tersebut bisa digunakan oleh semua varian Priv.

BlackBerry juga akan memegang kontrol yang kuat untuk setiap update. Sebuah hal yang sangat langka terjadi di dunia mobile saat ini. Diharapkan, dengan kontrol ketat ini keamanan lebih terjaga karena tidak semua orang bisa mengoprek sistem operasi atau pun update-update lain, kecuali tim IT dari BlackBerry sendiri.

Itulah beberapa cara yang dilakukan BlackBerry untuk memperluas keamanan jaringan mereka kepada para pengguna Priv. Bagaimana menurut Anda? mampukah BlackBerry Priv menjadi perangkat dengan keamanan tinggi walaupun menggunakan sistem operasi Android?

BlackBerry Priv