Ini Dia Ciri-ciri Smartphone Android Yang Bisa Menggunakan Gcam

Seperti yang sudah diketahui bahwa Google Camera modifikasi atau yang bisa dikenal Gcam menjadi salah satu aplikasi yang populer saat ini. Tidak seperti yang lainnya, aplikasi Gcam ini memiliki fitur-fitur seperti potrait, HDR+ Enchanced dan Night Sight dimana fitur ini sudah tersedia di smartphone Google Pixel.

Belum diketahui kapan aplikasi Gcam ini pertama kali diluncurkan, namun penggunanya secara luas mulai terasa sejak November 2017 yang lalu.

Aplikasi Gcam
Aplikasi Gcam – Source: 3.bp.blogspot.com

Para developer Gcam ini mulai menggulirkan aplikasi modifikasinya untuk bisa di download secara gratis oleh pengguna. Setidaknya, saat ini sudah ada lebih 20 developer yang ikut mengembangkan Gcam untuk berbagai smartphone. Akan tetapi, tidak semua perangkat android yang mendukung penggunaan Gcam untuk mengambil video maupu foto. Ternyata, ada beberapa kriteria khusus agar smartphone bisa menjalan Gcam dengan lancar.

Berikut ini smartphone yang mendukung aplikasi Gcam yaitu :

  • Prosesor Snapdragon

Gcam modifikasi akan lebih berjalan maksimal pada perangkat yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon, tentunya sudah di dukung Camera2 API. Selain itu, semakin tinggi prosesor maka akan semakin cepat pemrosesan gambarnya. Bagi pengguna smartphone dengan prosesor selain Snadragon, tenang saja, karena beberapa developer dikabarkan sudah membuat Gcam yang support untuk prosesor tersebut.

  • Mendukung Camera2 API

Apa itu Camera2 API ? Camera2 API ini merupakan sebuah framework yang memungkinkan developer untuk mengakses fitur-fitur kamera yang meliputi exporsure, focus hingga ISO. Untuk bisa mengetahui apakah smartphone Camera2 API bisa menggunakan aplikasi Manual Camera Compatibility Test.

Itulah ciri-ciri smartphone yang bisa menggunakan aplikasi Gcam modifikasi. Semoga bermanfaat dan jangan lewatkan tips menarik lainnya disini.