Geekbench Kembali Perlihatkan Chipset Terbaru dari Snapdragon

Qualcomm baru saja meluncurkan SoC terbarunya, yakni Snapdragon 710 yang diperkirakan akan diminati oleh pabrikan smartphone untuk menghadirkan perangkat kelas menengah dengan performa yang menarik. Meski begitu, Qualcomm juga disebut-sebut sedang menggarap SoC baru lainnya, yakni Snapdragon 680.

Qualcomm Snapdragon
Qualcomm Snapdragon

Lagi-lagi ditujukan untuk smartphone kelas menengah, Snapdragon 680 pun sudah muncul di Geekbench. Disebutkan chipset ini diramu dengan CPU enam inti, yang kemungkinan memiliki konfigurasi 2 + 4. Tentu saja, konfigurasi ini juga pernah ada di dalam chipset Qualcomm lainnya, yakni Snapdragon 650 dan 808.

Sesuai laporan, Prosesor Snapdragon 680 yang tidak diumumkan itu mendapatkan skor yang mengesankan pada saat pengujiannya. Dimana ia memperoleh skor 1940 pada single-core dan 5153 poin ketika pengujian di multi-core. Saat pengujiannya, chip tersebut menjalankan Android 8.1.0 Oreo dan didukung oleh RAM 6GB.

Geekbench
Geekbench

Seperti yang bisa kita lihat dari daftar di Geekbench, Snapdragon 680 adalah chip hex-core yang memiliki frekuensi dasar 2.15GHz. Namun daftar tidak menunjukkan apakah kecepatan clock tersebut akan sama untuk semua core yang dimilikinya.

Setelah Snapdragon 650, Snapdragon 680 akan menjadi chip hexa-core kedua dari Qualcomm di jajaran Snapdragon 600. Saat ini belum diketahui smartphone mana yang direncanakan untuk membawa Prosesor ini sebagai dapur pacunya.

Clock speed core terbesar kemungkinan 2,15 GHz, artinya ini memiliki kemiripan dengan Kryo 260 yang ada di dalam Snapdragon 660 dan Kryo 4xx yang ada di dalam Snapdragon 710. Namun melihat hasil pengujian single core (1.900) lebih tinggi dari skor Snapdragon 660 (1.600), bisa saja Qualcomm akan memuat core Kryo generasi ke-4 terbaru.