Review BlackBerry / Umum

Fitur-fitur baru di BlackBerry OS versi 10.3

Advertisement

Setelah BlackBerry meluncurkan OS versi 10.2.1 dengan perubahan yang significant salah satunya adalah kemampuan untuk menjalankan aplikasi android di perangkat BlackBerry 10.

wpid-image11

Sebentar lagi BlackBerry akan meluncurkan lagi versi 10.3 dengan perubahan yang bersifat major, ini bisa dilihat dari peningkatan versi dari 10.2 ke 10.3. Dan setelah saya mencoba versi 10.3 ini memang banyak perubahan yang bersifat major, tidak seperti perubahan versi sebelum versi 10.2.0 dimana hanya satu atau dua perubahan dan itupun tidak terlihat langsung.

Namun perubahan di versi 10.3 ini, ketika pertama kali membuka tampilan awal dan membuka beberapa menu, langsung terlihat perubahannya.
Versi 10.3 ini belum diluncurkan secara resmi, namun versi leak atau versi developer nya sudah banyak beredar. Saya merasa penasaran dan akhirnya mencoba untuk menginstal di BlackBerry Z30 saya ini, Saya belum mencoba di BlackBerry Z3 saya.

Fitur baru versi OS BlackBerry 10.3
Home Screen atau tampilan muka yang sekarang sudah tersedia, jika sebelumnya tampilan layar berupa list tampilan icon-icon menu, namun kali ini ada home screen dengan tampilan polos atau layar kosong. Dibagian bawah terdapat logo kecil untuk Hub bergambar amplop, menu home bergambar rumah dan 3 titik untuk untuk tiga halaman menu, namun ini bisa bertambah berdasarkan banyaknya menu atau aplikasi yang diinstal.
Tampilan icon baru, beberapa icon terlihat baru dan tidak ada lagi frame kotak yang menyelimuti setiap icon. Namun ada juga logo icon yang tetap sama. Namun dengan perubahan beberapa icon ini membuat tampilan menjadi fresh khususnya yang sudah lama menggunakan BlackBerry 10.

Tombol action yang biasanya ada di bagian bawah untuk beberapa aplikasi, sekarang memiliki tampilan yang berbeda dengan lingkaran yang lebih besar untuk action yang sering digunakan dengan warna biru yang lebih terlihat.

Tombol attachment ditampilkan di hub untuk mempermudah membuka attachment yang sudah didownload. Tombol ini ada di bagian bawah jika kita membuka HUB. Dengan men tap tombol attachment maka akan terbuka list file atau media yang telah didownload dan siap untuk di buka.

Membuka menu setting yang dapat diakses dari mana saja, dengan menggeser kebawah dengan dua jari ketika anda membuka aplikasi apapun. Sebelumnya menu quict setting ini hanya bisa diakses dari tampilan muka atau saat muncul list icon-icon aplikasi.

Menghapus original text/pesan jika kita ingin mereplay email. Kadang kita ingin mereplay email tanpa perlu mengirimkan text asli sebelumnya yang mungkin terlalu banyak atau mungkin karena alasan lain.
Memindahkan pesan email ke folder, di versi ini sudah ditambahkan satu menu yang namanya “File” yang terdapat di list menu samping (kanan) disana ada menu File untuk menyimpan pesan email dari salah satu folder ke folder lainnya.

Auto Save BlackBerry Hub, jika melakukan sesuatu di blackberry hub seperti membuat pesan namun kemudiana ditinggalkan tanpa aktifitas selama 30 menit, maka Blackberry Hub akan auto save dan mereset kemudian kembali ke posisi default yaitu tampilan list pesan.

Auto fokus kamera tidak perlu digeser, sekarang tinggal tap di objek yang akan kita pilih maka langsung akan melakukan autofocus di objek tersebut. Bila sebelumnya kita harus menggeser kotak fokus ke salah satu tampilan objek yang kita pilih.

Tombol shutter kamera dan video sekarang tampil di halaman utama kamera, ketika mode kamera aktif akan muncul dua tombol tersebut dan kita dapat memilih akan menggunakan video atau kamera. Jika sebelumnya jika ingin merubah kamera ke video atau sebaliknya harus melalui menu setting, dan jika ingin mengambil gambar kita tap di layar mana saja namun sekarang menggunakan salah satu tombol tersebut.
Timer di kamera yang memungkinkan kita mengambil gambar beberapa detik kemudian setelah kita menekan tombol atau menu shutter. Beberapa waktu lalu saya sempat mencari aplikasi yang menyediakan featur ini namun sekarang sudah ada di bawaan kamera.

Tombol Album view yang ada ketika kita melihat hasil jepretan kamera, tombol ini ada dibagian bawah untuk melihat hasil foto berdasarkan album yang sudah dibuat.

Mengurutkan menu settings, kita dapat mengurutkan menu setting berdsasarkan setting yang sering di akses atau bisa juga diurutkan berdasarkan apapun. Jika default menu setting urutan teratasnya adalah Flight Mode maka ini bisa kita taruh diurutan terbawah atau dimanapun. Berlaku untuk menu setting lainnya. Carany pada tampilan list menu setting, swipe dari atas kebawah nanti akan ada tombol re-arrange di pjok kanan atas, kemudian geser menu setting yang akan kita pindahkan.

Perubahan – perubahan di aplikasi calendar dan remember terutama untuk fitur task, meeting dan lainnya yang beberapa perubahan fitur mempermudah penggunanya.

 

wpid-image11