Cara Untuk Mempercepat Proses Charging Pada Smartphone

Saat ini ponsel sudah jadi pusat banyak kegiatan, mulai dari memotret, menonton film, hingga mengetik berbagai tugas. Sayangnya, fungsi-fungsi tersebut masih sering terkendala oleh baterai yang lekas habis. Memang pada dasarnya semua tergantung kapasitas baterai ponsel tersebut. Semakin besar kapasitas baterai, semakin awet daya pemakaiannya. Sebaliknya, semakin kecil kapasitas baterai, semakin sering lowbat.

Cara Untuk Mempercepat Proses Charging Pada Smartphone


Penyebab baterai sering lowbat bukan karena usia baterai yang sudah tua, melainkan juga karena penggunaan ponsel yang tidak terkontrol. Ketika kita sedang berada dalam sebuah kegiatan, tentunya kita tak memiliki banyak waktu untuk mengisi ulang baterai. Hal ini dikarenakan proses charging biasanya memakan waktu lama, sekalipun ponsel mendukung fitur fast charging. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan membahas bagaimana cara mempercepat proses charging smartphone. Penasaran bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:

1. Aktifkan Mode Pesawat

Aktifkan mode pesawat pada ponsel Anda saat hendak mengisi daya. Dengan demikian, maka semua jaringan akan terputus. Hal Ini dapat mempercepat pengisian ulang baterai sebab konsumsi baterai tidak begitu banyak digunakan saat segala macam koneksi dalam keadaan tidak aktif.

2. Jangan Isi Daya di Tempat Panas

Lokasi pengisian daya ternyata menentukan waktu pengisian daya. Sebaiknya, pengguna tidak mengisi daya smartphone di tempat-tempat panas. Alasannya, hal ini bisa menghambat durasi pengisian daya kamu. Ketika smartphone berada di suhu yang panas secara tidak langsung kinerja smartphone akan meningkat.

3. Matikan Semua Fitur Smartphone

Sebelum mencharge smartphone periksalah fitur-fitur yang masih menyala seperti GPS, NFC, WiFi, Bluetooth, atau fitur lain yang banyak menghabiskan daya baterai. Selain itu, tutup semua aplikasi yang sedang berjalan dan hentikan smartphone dari proses backup otomatis.

4. Gunakan Charger Original

Meskipun hampir semua charger smartphone memiliki port yang sama, namun daya yang dikeluarkan oleh setiap charger berbeda-beda. Misalnya, charger bawaan smartphone Anda tertulis output 2A, namun Anda selalu menggunakan charger lain yang memiliki ouput 1A/1,5A. Tentu proses charger yang menggunakan output 1A lebih lambat daripada charger dengan ouput 2A. Menggunakan charger yang bukan bawaan juga dapat mengakibatkan hal buruk bagi baterai smartphone Anda. Oleh karena itu, gunakanlah charger bawaan atau original agar proses charging smartphone Anda lebih cepat.

5. Aktifkan Mode Battery Saving

Fitur battery-saving sudah ada sejak peluncuran Android 5.0 Lolipop. Aktifkanlah mode ini saat smartphone hendak di charger. Dalam mode ini smartphone akan menonaktifkan aktivitas yang tidak penting selama proses charging. Menurunkan performa smartphone dan membatasi aktivitas background di dalam smartphone.

6. Nonaktifkan Smartphone

Inilah cara paling ampuh mempercepat pengisian baterai ponsel Anda, switch off. Langkah ini dapat mempercepat proses serta memperpanjang usia baterai ponsel Anda. Metode ini sama seperti dengan mengaktifkan mode pesawat namun jauh lebih efektif dan dijamin akan membuat pengisian ulang menjadi lebih cepat. Hal ini dikarenakan baterai tidak mengeluarkan daya sama sekali pada saat proses charge.