Umum

Cara menginstall file COD di SmartPhone BlackBerry

Advertisement

Setelah beberapa kesempatan kami selalu menulis tentang BlackBerry 10, kini tiba saatnya untuk bernostalgia dengan menulis kembali untuk beberapa tips dan trik untuk perangkat blackberry tipe lama atau dengan OS yang lama pula. Kali ini kami ingin berbagi tips ringan tentang bagaimana menginstall aplikasi untuk perangkat BlackBerry dengan tipe file .COD.

.COD, Tips BlackBerry
Cara menginstall file .COD di BlackBerry

Perlu diketahui bahwasanya ada beberapa cara untuk menginstall aplikasi pada smartphone BlackBerry, yaitu dengan dengan melalui appworld (online), atau secara offline dengan mendownload file installer untuk aplikasi tertentu (OTA). Ada beberapa tipe file yang memungkinkan kita untuk menginstall aplikasi blackberry secara offline, diantaranya adalah file dengan tipe .JAD, .COD, .ALC dan .ALX.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana cara menginstall aplikasi dengan tipe file .COD, berikut langkah – langkahnya :

  1. Download aplikasi dengan tipe file .COD (anda bisa mencari di mbah google aplikasi – aplikasi yang sesuai dengan tipe BlackBerry anda)
  2. Download aplikasi BBSAK, klik disini.
  3. Install aplikasi BBSAK yang telah anda donwload tadi di komputer anda.
  4. Sambungkan BlackBerry anda ke komputer dengan menggunakan kabel data.
  5. Jalankan aplikasi BBSAK tersebut.
  6. Jika muncul form password, masukkan password untuk mengaksess BlackBerry anda (jika ada) jika tidak ada biarkan saja dan klik “OK”
  7. Jika BlackBerry anda sudah terhubung, di aplikasi BBSAK akan muncul PIN BB anda, jika PIN BB anda belum tampil, coba klik tombol “Connect”.
  8. Tekan Tab menu “Modify CODs”.
  9. Selanjutnya tekan tombol “Install COD(s), dan anda akan diminta untuk mencari (browse) dimana file .COD yang akan anda install di simpan
  10. Tekan pada file .COD tersebut dan klik “OPEN” pada kotak dialog Browse/Open
  11. Tunggu installasi hingga selesai kurang 30 detik, hingga muncul konfirmasi finish.
  12. Selanjutnya buka BlackBerry anda. dan jika muncul konfirmasi security, anda bisa tekan yes untuk mengijinkan aplikasi tersebut.
  13. Selesai, anda bisa lepas koneksi kabel BlackBerry anda ke komputer.

Semoga bermanfaat..!