Panduan BlackBerry

Cara Mengatasi BlackBerry Error 602 dan 603

Advertisement

Error di SmartPhone BlackBerry bisa saja terjadi pada perangkat BlackBerry anda, namun anda tidak perlu khawatir dan takut karena selagi error tersebut hanya berhubungan dengan perangkat lunak baik OS BlackBerry maupun aplikasi BlackBerry. Dan baru – baru ini yang sering terjadi adalah error yang menimpa perangkat SmartPhone asal Kanada ini, yaitu error 602 dan error 603, yang terjadi pada pengguna yang baru saja update aplikasi BBM nyaa ke versi 6.

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasi error 602 dan 603 ini, alangkah lebih baiknya jika kita mengerti dan paham terlebih dahulu arti dari error tersebut. Error 602 dan 603 merupakan pesan error yang menandakan bahwa telah terjadi kesalahan pada applikasi Java di perangkat kita tersebut, dan biasanya solusinya adalah dengan melakukan hard reset akan menyelesaikan masalah, namun jika ternyata masih bermasalah maka BlackBerry anda tersebut harus di Wipe dan Reload OS (install ulang OS). Dan penyebab error ini umumnya adalah pada saat anda sign in ke aplikasi yg terintegrasi dengan BBM, aplikasi secara otomatis mem_verifikasi untuk update BBID (bagi user yg belum mengupdate BBID) saat proses update BBID selesai, anda tidak langsung merestart BlackBerry anda yang telah terupdate BBID nya.

Berikut Tips Menyelamatkan BlackBerry Anda dari Error 602 & 603 tanpa harus install ulang OS:

  1. Pastikan Tools Reader System Blackberry yg terdapat pada BBSAK, Vnbbutils, BB BOSS, atau tool yg biasa anda gunakan, sudah terinstal di komputer atau laptop anda.
  2. Hubungkan BB anda dg komputer/laptop via USB dan pastikan terkoneksi.
  3. Tekan perintah “reset” pada home screen BlackBerry anda tersebut.
  4. ketika proses restart sudah selesai, BlackBerry akan masuk ke home screen, maka segeralah anda tekan menu “Read System” pada Tool Reader System Blackberry.(pada BBSAK, Vnbbutils, ect).
  5. Jika anda berhasil melakukan langkah diatas, maka pada kolom pembaca pada Tool akan tampil semua file-file dalam sistem BlackBerry anda, kemudian tahan tombol “Ctrl” pada komputer/laptop anda dan kemudian anda cari file  -net_rim_bbid_api, -net_rim_bbid_common, -net_rim_bbid_daemon dan semua file COD applikasi yg terintegrasi dengan BBM yang telah anda instal. Dan biasanya nama file-file tersebut, sesuai dengan nama aplikasinya.
  6. Kemudian setelah semua file aplikasi ditemukan dan ditandai, pilih menu “Remove” atau “Delete selctected files”. Maka Device akan restart otomatis, dan BB anda selamat dari error 602/603, dan tdk perlu instal ulang os, serta data-data terkini anda dapat diselamatkan.
  7. Selesai

Selamat Mencoba dan semoga Sukses

error 602
  • saya gak ngerti sama sekali sama yang namanya Tools Reader System Blackberry yg terdapat pada BBSAK, Vnbbutils, BB BOSS. saya mau instal tapi gak ngerti cara instalnya. trs udah dicolokin kabel data tapi bacaannya gak ada “reset” trs pas itu gak ada bacaan “read system” apaan si nih? gak ngerti. tlg dong. saya males banget ke tempat service segala.

    • kalo boleh tau anda menggunakan BBSAK versi berapa?. Perlu anda ketahui BBSAK sebaiknya hanya digunakan untuk melakukan wipe terhadap BB anda. anda bisa kembali lagi mengunjungi website kami. kami akan bahas tentang penggunaan BBSAK.

      • darwis

        bb saya eror 603 gimana caranya?? saya sudah download bbsak v1.9.2 tp tetep aj ga bisa..saya sudah sambungkan bb nya dengan lapyop saya tetep tidak bisa..tolong ya gan??

  • Bb saya keadaan reboot lama,setelah lama,mucul layar awal namun disaat loading “security verivavation selalu muncul error 603 dan gapernah tuntas seperti sebelum sebelumnya,bagaimana cara mengatasi nya?atau harus service?-____-

  • Bb saya keadaan reboot lama,setelah lama,mucul layar awal namun disaat loading “security verivacation selalu muncul error 603 dan gapernah tuntas seperti sebelum sebelumnya,bagaimana cara mengatasi nya?atau harus service?-____-

  • hafidz

    bb saya app error 602,tp pas saya sinkronkan dengan DM gak conek.
    mohon bantuanya gan.
    terimakasih.

  • icha

    saya udah coba tuh gan cara yang seperti di atas, tapi gk berhasil.
    pas bb nya restart otomatis layarnya masih tetep putih dan gk mau nyala.
    masih tetep muncul tulisan error 602 dan gk mau masuk ke home screen.
    kalau gk salah BBSAK nya versi 1.9.2

    • pastikan setelah anda telah melakukan “WIPE” setelah wipe BB akan restart secara otomatis, tutup aplikasi BBSAK, kemudian buka Apploader.exe (C:\ProgramFiles\Common Files\Research In Motions) sebelum anda launch apploader.exe anda delete file vendor.xml.

  • darwis

    bb saya eror 603 gimana caranya?? saya sudah download bbsak v1.9.2 tp tetep aj ga bisa..saya sudah sambungkan bb nya dengan laptop saya tetep tidak bisa..tolong ya gan??

    • Ada dua cara untuk hal ini : Pertama denga reload OS / Reinstall OS (data aplikasi dan data yang ada di memory BB otomatis akan terhapus)
      kedua dengan mendelete file yang menyebabkan error. karena penjelasan lumayan panjang kami akan menjelaskan di posting saja.

  • masih tetep gak bisa om kenapa ya, ini malahan jadi error 507 setelah di wipe pke BBSAK..
    mohon pencerahannya om master

  • devie

    BB saya tiba2 jam pasir laamaa bgt, sya biarin aja semaleman. Pagi2 saya liat sdh ada tulisan “app wrror 603” dan “reset”. Setelah itu langsung saya klik reset, BB nya me-restart, dan kembali normal. Apakah masih ada pengaruhnya setelah itu atau tindakan apa yg harus saya lakukan setelah kejadian sperti itu agar tidak terulang lagi???

    • tidak ada lagi. kalo sudah wipe dipastikan BB anda kembali enteng karena sistem kembali kosong seperti baru beli :), tinggal dilanjutkan aja (y)

  • Thoriq

    maf nanya gan setelah aq ikutin toritorial diatas sudah tidak muncul erroe 603, tetapi pas ane mau cek bbm’a hilang & ane coba klik bbm protec malah muncul error starting net_rim_bb_dryad_gui:module
    net_rim_bbid_common not found.

    • hmm seperti anda perlu melakukan wipe atau reload BB anda gan.

  • Hidayat nasrull

    om….aku mau nanya…tadi pagi kan saya download BlackBerry Identity lewat opera mini…nah saya iitu malah download BB Identity OS 7.padahal bb q OS 6…jadi setelah download selesai..ada peringatan untuk restart.nah..saya restart..,tapi kog setelah bb saya hidup..kog malah muncul tulisan app error 602 background putih..nah itu ngmana om>>???bb q bb 9700