Panduan BlackBerry / Umum

Cara Membuat Tema BlackBerry Sendiri

Advertisement

Memang dalam membuat Tema Blackberry membutuhkan sebuah keahlian khusus, tidak hanya sekedar membuat sebuah gambar di photoshop lalu memasukkannya dalam ponsel BB kita. Tapi untuk mengatasi masalah itu, sekarang pihak Research In Motion vendor Blackberry sudah membuat Aplikasi Dekstop untuk designer yang ingin berkreasi sendiri.

Blackberry-Theme-Studio

Jika anda ingin men-download nya, silahkan kunjungi situs resminya di http://id.blackberry.com/services/themestudio/

Aplikasi ini sangat mudah di gunakan, beberapa fitur yang bisa kita dapat kan untuk men-desain tema dalam aplikasi ini adalah:

Membuat tema blackberry seakan-akan menjadikan kita seorang developer profesional dengan segudang keahlian.
Background Wizard – untuk menambahkan wallpaper dinamis (berbasis tanggal dan waktu atau dengan tampilan slide foto).
Panel Quick Edit – untuk mengedit dengan cepat pada tema yang sudah kita buat sebelumnya.
Impor grafis kedalam lebih dari satu – untuk meng-ubah font dan ikon dengan cepat.
Format Eksport tersedia untuk semua BlackBerry App World™ – Tema anda pun bisa di lihat oleh semua pengguna Blackberry di seluruh dunia.
Tapi dengan semua fitur yang akan kita dapatkan tersebut, aplikasi ini juga mempunyai syarat software dan hardware yang harus kita penuhi. Diantaranya adalah:

Sistem OperasiWindows meliputi: Windows XP Professional, Windows Vista, atau Windows 7.
RAM dengan kapasitas paling sedikit 256 MB atau ke atasnya.
Membutuhkan kapasitas hard disk yang tersedia sebesar 420 MB.
Besar Layar: resolusi minimum yang diperlukan adalah 1024 x 768, dengan warna 32-bit.
Adobe® Acrobat Reader versi 3.0 atau di atasnya untuk melihat dokumen dalam format PDF.

Cara Membuat Tema BlackBerry

Hal pertama yang harus diperisiapkan adalah gambar. Anda bisa menggunakan berbagai gambar pribadi, teman, atau kartun sesuai keinginan anda. Gambar-gambar untuk membuat tema BlackBerry bisa anda dapatkan melaui internet atau minta kepada teman anda.
Gambar yang sudah anda pilih, bila menginginkan hasil yang maksimal. Anda harus menggunakan Photoshop sebagai alat edit gambar tema BlackBerry.
Sesuaikan deitan atau gambar tersebut dengan ukuran layar BlackBerry Anda. Misalnya, BlackBerry Gemini ukurannya 320×240 px. Setelah di edit, Anda simpan gambar tersebut dengan format *.jpg *.png *.bmp.
Kemudian, Anda install software theme studio 6, Untuk mengunakannya, Anda dapat melakukan dengan Create New Theme – pilih tipe BlackBerry Anda (misal: Gemini 8500 seri)– lalu Create. Lalu, masukkan file gambar yang tadi sudah Anda edit melalui Photoshop.
Gambar tersebut berfungsi sebagai backgroup pada BlackBerry Anda. Kemudian, Anda pindahkan icon-icon seperti, baterai, time, sinyal dan yang lainnya. syaratnya adalah icon tersebut harus sesuai dengan backgroundnya.
Sesudah meletakkan semua icon tersebut, Anda dapat membuat icon home screen. Caranya adalah pilih general-aplikasi-klik icon berjajar (untuk menambah aplikasi. Untuk mengeditnya Anda dapat melakukan dengan cara bagian properties. tab, focus tab, icon animation, font). Lalu mulailah untuk mengedit font dan yang lainnya.
Cara membuat tema BB diatas mungkin kurang anda pahami. Memang kurang lengkap rasanya bila sebuah panduan atau tutorial tidak dibarengi dengan tutorial video. Berikut tutorial video cara membuat tema BB dengan Theme Studio.

Blackberry-Theme-Studio