BlackBerry 10 / Panduan BlackBerry / Review BlackBerry / Tips BlackBerry / Umum

Buat File Zip Di Blackberry 10

Advertisement
Blackberry Zip
Blackberry Zip

File punya ekstensi .Zip merupakan sebuah file arsip yang berisikan file yang asli yang dapat berupa file dengan format yang berbeda-bedaZip tidak hanya bisa diisi oleh file saja tapi dapat berisi folder. Menggunakan file dengan ekstensi .Zip jauh lebih mudah karena file atau folder yang sudah di-zip lebih mudah ketika dipindahkan ke tempat yang lain seperti antar drive maupun antar harddisk ke tempat penyimpanan lain. Selain itu, file jenis ini memiliki ukuran yang lebih kecil serta jauh lebih aman karena mendapatkan pengamanan berupa password jika diinginkan. Hal ini membuat banyak file dan folder yang dapat diunduh di internet memiliki ekstensi Zip karena lebih mudah ditransfer dan ukuran yang lebih kecil.

Langkah-langkah cara membuat file Zip pada sistem operasi BlackBerry paling baru ini tergolong sangat mudah karena sama persis ketika menggunakan sistem operasi pada PC maupun tablet. Untungnya tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan yang harus diinstal terlebih dahulu untuk menggunakan fitur ini. BlackBerry 10 memiliki aplikasi File Manager yang sekarang mampu mengelola file dengan ekstensi Zip seperti membuat dan membuka file Zip dengan mudah.

Fitur File Manager ini tidak hanya mampu melakukan kompresi file yang ada dalam BlackBerry Anda dalam bentuk file gambar, video, musik, maupun file dengan ektensi lain, tapi juga dapat mengirimkan email berisi file Zip maupun mentransfer file Zip Anda dengan mudah ke perangkat BlackBerry lainnya. Dalam tutorial ini, akan dibagi menjadi dua bagian yaitu yang pertama adalah bagian Zip file dan folder serta Unzip file dan folder dengan ekstensi Zip.

File dan Folder

-Cara membuat file Zip yang pertama adalah jalankan aplikasi File Manager dalam sistem operasi BlackBerry 10.

-Anda akan masuk ke dalam file explorer yang di mana akan menampilkan semua file dan folder yang tersimpan di BlackBerry Anda.

-Anda tinggal memiliki file atau folder yang ingin dikompres ke dalam file dengan ekstensi Zip dengan cara menyentuh file atau folder lalu ditahan untuk beberapa saat.

-Anda dapat memilih satu file atau folder ataupun banyak file dan folder dengan cara memilih opsi Select More pada bagian kanan aplikasi File Manager.
-Pilih opsi dengan ikon tiga titik di bawah opsi Select More untuk menampilkan opsi Zip file atau folder.

-Cara terakhir pilih opsi Zip untuk melakukan proses Zip pada file dan folder yang dipilih.

-File atau folder dengan ekstensi Zip Anda sudah berhasil dibuat. Untuk mengganti nama, tinggal tahan file atau folder sampai muncul opsi Rename lalu ganti nama sesuai keinginan.

Unzip File dan Folder

-Cara yang digunakan hampir sama yaitu jalankan aplikasi File Manager

-Cari file atau folder yang memiliki ekstensi .Zip yang ingin Anda Unzip.

-Setelah ditemukan, tahan file atau folder beberapa saat sampai muncul opsi Unzip

-Pilih opsi Unzip dan file atau folder Anda sudah tidak berektensi Zip lagi sehingga dapat digunakan.

Blackberry Zip