Aplikasi BlackBerry / Berita BlackBerry / Panduan BlackBerry / Review BlackBerry / Umum / Update

Bermasalah, Blackberry Hentikan Sementara Update 10.3.1 untuk Q10 dan Z10

Advertisement

BlackBerry-Z10 dan BlackBerry-Q10

BlackBerry untuk sementara menghentikan update 10.3.1 untuk model lama Z10 dan Q10. Hal ini dilakukan setelah banyaknya komplain mengenai daya tahan baterai, performa hardware, serta masalah-masalah lain yang mengiringi update software tersebut.

Masalah ini bukan yang pertama kali untuk perangkat-perangkat BlackBerry. Akhir bulan lalu, muncul keluhan yang menyebutkan tentang permasalahan pada tampilan layar BlackBerry Passport membuat perusahaan smartphone asal Kanada tersebut harus menahan pembaharuan sistem operasi 10.3.1 sebelum akhirnya kembali melanjutkan distribusi update tersebut.

Permasalahan lebih pelik terjadi untuk perangkat BlackBerry Q10 dan Z10. Menurut diskusi dari para anggota komunitas BlackBerry di berbagai forum online, problem utama tampaknya berada pada performa baterai. Keluhan lain menyebutkan tentang suhu BlackBerry yang meningkat drastis.

Update sistem operasi Blackberry versi 10.3.1 ini memberikan fitur baru, BlackBerry Assistant, yang mirip dengan asisten digital berbasis suara Apple Siri, Google Now, dan Microsoft Cortana. Selain itu, terdapat pula BlackBerry Blend, yang menghubungkan perangkat BlackBerry dengan komputer dan tablet.

Hingga saat ini, BlackBerry belum memberikan konfirmasi mengenai kapan mereka akan kembali mendistribusikan update terbaru dengan perbaikan pada versi 10.3.1.

BlackBerry-Z10 dan BlackBerry-Q10