Umum

Benarkah Membobol Perangkat Blackberry dengan Tekhnologi ENKRIPSI PGP tidak Mustahil?

Advertisement

Perangkat dari Blackberry senantiasa Kembangkan Perusahaan layanan Komunikasi paling aman didunia dan ideal untuk di pakai oleh para pemakai di dunia bisnis yang memastikan bahwa informasi penting dalam perusahaan tetap aman.

BlackBerry
BlackBerry

Tapi hal itu tidak berlaku lagi karena saat ini suatu lembaga Hukum di belanda mengaku telah dapat bobol sistem Pengamanan enkripsi di ponsel perangkat Blackberry.

Para penyidik dari Netherlands Forensic Institute (NFI) mengklaim kalau lembaga mereka telah memiliki kemampuan untuk membaca email terenkripsi yang terdapat di ponsel BlackBerry dengan pengamanan tingkat tinggi. Perwakilan NFI Tuscha Essed mengatakan bahwa lembaga mereka bisa mengambil data yang terenkripsi di dalam ponsel BlackBerry PGP (Pretty Good Privacy), dan data yang didapat digunakan untuk keperluan penyelidikan forensik dari berbagai kasus kriminal yang terjadi di Belanda.

Hal ini pertama kali terungkap ketika sebuah blog seputar berita kriminal asal Belanda memposting dokumen yang berasal dari NFI pada bulan Desember lalu. Blog tersebut mengungkapkan bahwa email terenkripsi maupun pesan yang sudah dihapus masih akan tetap bisa terbaca dengan menggunakan software untuk penyelidikan forensik yang dikembangkan oleh perusahaan spesialis penanganan masalah keamanan Cellebrite. Dalam keterangannya, NFI butuh untuk memiliki akses kepada perangkat fisik yang akan dibobol terlebih dulu agar mereka bisa menjalankan proses de-enkripsi.

Dengan ini maka bisa dipastikan bahwa sekalipun Anda atau instansi tempat Anda bekerja memutuskan untuk membeli ponsel kustom BlackBerry yang dilengkapi dengan teknologi enkripsi PGP, email-email yang tersimpan masih akan tetap bisa diakses selama ponsel tersebut beralih tangan. Ponsel BlackBerry kustom ini biasanya melakukan modifikasi di sejumlah fitur agar data tersimpan dengan baik, seperti mematikan microphone atau mengubah port USB menjadi hanya bisa digunakan untuk keperluan charging.

Dengan itu maka Perangkat dapat digunakan dengan saling berkirim emaik yang bersifat pribadibb_pgp_sample

BlackBerry