Panduan BlackBerry / Review BlackBerry / Tips BlackBerry / Umum

Beberapa Tips Untuk Hemat Baterai di Perangkat Blackberry Anda

Advertisement
Baterai BB
Baterai BB

Baterai? hmm anda ingin sekali baterai di perangkat anda hemat, kadang merepotkan ketika kita butuh smartphone namun ketika kita lihat baterainya habis, hmm mungkin anda butuh beberapa Tips Berikut ini agar baterai di perangkat Anda Hemat, berikut ini dia Tipsnya 😀

Matikan Wifi Bila Tidak Digunakan

Langkah pertama dalam cara menghemat baterai yakni dari segi Wifi. Wifi tampaknya menjadi influencer terbesar baterai pada perangkat yang lebih baru seperti Bold 9900/9930. Hubungan ke jaringan Wifi sangat memakan untuk daya tahan baterai. Menggunakan jaringan Wifi untuk data bukan jaringan operator membuat perbedaan besar dalam hidup baterai.

Jika koneksi Wifi tidak tersedia, Anda dapat mematikannya agar tidak menggerogoti baterai Anda. Hal ini membuat perangkat terhindar dari mencari jaringan dan menguras baterai. Singkat cerita, jika Anda memiliki jaringan WiFi yang tersedia, gunakan seperlunya. Jika Anda tidak, matikan saja. Untuk Nonaktifkan Wifi: Klik di daerah Pengaturan Jaringan pada layar rumah Anda > Hapus tanda centang Wi-Fi (untuk mengaktifkan Wifi, ulangi proses, tapi centang kotak).

Dim Backlight

Ketika Anda menjalankan perangkat baru, kecerahan backlight biasanya ditetapkan sebesar 70%. Hal ini tentunya dapat memberikan Anda kenyamanan dalam melihat layar karena Anda dapat melihat layar dengan jelas dan semuanya tampak bagus. Namun hal ini lebih cepat menguras baterai Anda. Dengan menggunakan tingkat pencahayaan yang tinggi dapat menguras baterai smartphone Anda akan cepat habis.

Dengan menggunakan pencerahan layar yang minim dapat sangat membantu dalam memperpanjang baterai Anda. Kebanyakan orang menggunakan tingkat pencahayaan sebesar 10% saja dan hasilnya pun cukup memuaskan dalam menghemat daya baterai. Dengan pencahayaan sebesar itu mungkin akan terlihat lebih gelap bagi Anda yang belum terbiasa. Namun, jika sudah sering menggunakan tingkat pencahayaan sebesar ini, maka Anda pun akan terbiasa.

Berikut ini adalah cara untuk mengubah kecerahan backlight Anda: Pergi ke Pilihan > Tampilan > Screen Display > Gulir ke Kecerahan Backlight dan ubah ke 10%

Mengubah Timeout Backlight Anda

Nah, langkah berikutnya adalah merubah waktu timeout backlight seminim mungkin. Jika kita sudah merubah lampu layar dengan kapasitas terendah, maka kita juga dapat merubah waktu timeout backlight lebih cepat. Waktu timeout backlight ini dapat dirubah sesuai dengan kebutuhan para penggunanya, biasanya jika tidak begitu sibuk, kebanyakan orang menggunakan waktu timeout backlight hanya selama 10 detik saja. Setelah 10 detik berlalu maka cahaya pada layar pun akan mati dengan otomatis. Untuk menyesuaikan Timeout Backlight, Anda dapat melakukan tahapan ini:

Pergi ke Pilihan > Tampilan > Screen Display > Gulir ke Timeout Backlight dan ubah menjadi 10 atau 20 detik.

Matikan Bluetooth Bila Tidak Di Gunakan

Bluetooth adalah salah satu fitur yang hebat dari smartphone BlackBerry. Ini memungkinkan Anda terhubung dengan perangkat seperti headset, komputer, speaker dan masih banyak lagi. Namun jika tidak digunakan, Bluetooth yang aktif dapat perlahan-lahan dapat menguras daya baterai Anda secara keseluruhan. Bila Anda tidak menggunakan Bluetooth, lebih baik Anda mematikannya. Memang Anda tidak akan dapat terhubung secara otomatis terhubung ke perangkat yang memikiki fitur Bluetooth juga. Namun, alangkah lebih baiknya jika fitur ini hanya digunakan pada saat yang dibutuhkan.

Untuk Nonaktifkan Bluetooth: Klik di daerah Pengaturan Jaringan pada layar Home Anda > Hapus tanda centang Bluetooth (untuk mengaktifkan Bluetooth ulangi langkah yang sama tapi centang kotak)

Ubah Pengaturan Jaringan

Ini adalah salah satu penguras baterai yang jarang disadari oleh para pengguna smartphone. Jika Anda kebetulan sedang berada di daerah dengan cakupan jaringan yang buruk untuk operator Anda, Anda dapat mengubah setelan jaringan smartphone Anda atau bahkan mematikan jaringan secara lengkap untuk menjaga kondisi baterai agar tetap hemat.

Kadang-kadang ketika Anda berada di tempat yang mana cakupan jaringannya sangat buruk, maka tanpa Anda sadari, baterai smartphone Anda akan tiba – tiba habis. Jika hal ini terjadi, Anda dapat mengakses Network Settings Anda dan mengubah jaringan sinyal perangkat Anda dari 3G / H + ke 2G. Perubahan “Data 3G” Anda ke jaringan 2G memang membuat jaringan menjadi lebih lambat, tetapi hal ini juga dapat menjaga kondisi baterai Anda tetap awet.

Ubah Pengaturan Jaringan 2G:

  • Klik di daerah Pengaturan Jaringan pada layar Home Anda >Pilih Jaringan dan Koneksi > Jaringan Seluler
  • Pilih kotak dropdown di samping Network Mode dan pilih 2G

Atau, Anda benar-benar dapat menonaktifkan data pada perangkat Anda hanya dengan mengubah layanan data off dalam menu yang sama. Perlu diingat langkah dalam mematikan jaringan sinyal Anda akan membuat smartphone tidak dapat menerima email, BBM dan pesan masuk lainnya.

Baterai BB