Bagaimana cara menghemat baterai Blackberry?

Mempunyai perangkat mobile yang cukup canggih, seperti misalnya Blackberry, memang selalu tergoda untuk mencoba berbagai aplikasi yang sering membuat kita penasaran. Demikian juga jika kita senang mengutak atik tampilan dan menu yang ada di home screen, berbagai fasilitas dan fitur terbaru sering kita mainkan. Namun kita seringkali tidak menyadari bahwa aktivitas semacam ini sering menjadikan baterai tersebut cepat habis, atau bahkan yang lebih ekstrem bisa menyebabkan baterai menjadi drop dan harus sering di isi ulang. Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa solusi yang bisa Anda lakukan agar baterai Blackberry menjadi lebih awet dan tahan lama. Beberapa tips sederhana diantaranya adalah :

baterai blackberry

Kurangi tingkat kecerahan cahaya
Tingkat kecerahan cahaya memang sering menjadi factor utama borosnya penggunaan catu daya baterai. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mengurangi tingkat pencahayaan yang ada, beberapa pengaturan bisa Anda lakukan melalui fasilitas “ setting” yang ada di masing masing Blackberry. Jika kita perhatikan, dengan tingkat pencahayaan yang cukup rendah sekalipun, Anda masih bisa melihat dengan jelas berbagai menu yang sering digunakan, sehingga tidak perlu khawatir.

Matikan fitur yang tidak terlalu penting
Ada beberapa fitur yang juga sangat berpengaruh terhadap penggunaan baterai, salah satunya adalah Bluetooth,Wi-Fi, dan GPS. Anda bisa menonaktifkan fitur tersebut jika tidak diperlukan.

Gunakan theme yang sederhana
Biasanya theme yang berisis animasi memerlukan catu daya yang cukup besar, sehingga secara otomatis konsumsi baterai juga sangat berpengaruh. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan beberapa theme statis yang bisa Anda download secara gratis di internet.

Hilangkan mode getar dan ringtone secara bersamaan
Seringkali kita kurang memahami bahwa mode getar dan ringtone yang digunakan secara bersamaan, misalnya pada saat ada panggilan masuk maupun SMS ternyata menggunakan daya baterai yang juga cukup besar. Sebagai alternative ada baiknya Anda memfungsikan salah satu dari mode tersebut, apakah getar saja atau ringtone saja.