Panduan BlackBerry / Review BlackBerry / Umum

Apa itu BIS? Apa itu BES? dan apa perbedaannya?

Advertisement

BIS & BES

Apa itu BIS dan BES blackberry ? ? Pertanyaan itu mungkin seringkali terucap di benak para pengguna blackberry yang masih baru (awam). BIS dan BES di blackberry memang seringkali membuat orang bingung. 2 Jenis paket data di smartphone blackberry ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Karena itu pada artikel kali ini kami akan mengulas secara khusus mengenai apa itu BIS dan BES pada blackberry smartphone anda.

BlackBerry Enterprise Service (BES)

BES yaitu singkatan dari blackberry enterprise server. Layaknya yang anda duga dari namanya, teknologi bes difokuskan pada pelanggan perusahaan ( menengah hingga besar ). Perusahaan-perusahaan ini menggunakan sistem layaknya lotus notes, microsoft exchange, atau novell groupwise untuk sediakan e-mail untuk karyawan serta juga kekuatan berkenaan yang lain.

Blackberry enterprise server melakukan tindakan sebagai penghubung pada sistem dengan handset blackberry karyawan. Bes juga berikan perusahaan kontrol terpusat atas seluruh handset blackberry karyawan-karyawan mereka. Serta lantas bes dapat melakukan tindakan sebagai proxy server hingga pengguna blackberry bisa terhubung internet atau intranet perusahaan. Dengan kata lain Bes = e-mail perusahaan + intranet / internet akses + manajemen perangkat

Untuk menggunakan bes ( serta memperoleh akses ke e-mail perusahaan ), handset blackberry mesti paired dengan server bes yang dikelola oleh perusahaan. Bes dapat memonitor kotak surat pada server e-mail perusahaan, serta dapat berikan pemberitahuan pada tiap-tiap handset blackberry karyawan jika ada e-mail, undangan pertemuan, serta pergantian kalender baru yang masuk ke server perusahaan.

BlackBerry Internet Service (BIS)

BIS yaitu singkatan dari blackberry internet service. Tidak sama dengan teknologi bes, bis yaitu teknologi personal customer. Customer tidak menggunakan mail server pusat, mereka mempunyai account e-mail di beragam area layaknya yahoo, google, atau internet service provider ( isp ) mereka. Bis sangat mungkin mereka mengirim serta terima e-mail pribadi. Perihal ini juga sangat mungkin mereka terhubung internet dari perangkat mereka. Dengan kata lain BIS = E-mail pribadi + akses internet.

Perbedaan BES dan BIS Di Blackberry :

Pada BIS, kontrol sepenuhya dipegang oleh pengguna. Jika ada batasan, batasan itu dibikin oleh isp atau operator ponsel pengguna. Pada bes kontrol seutuhnya dipegang oleh server perusahaan. Perusahaan dapat memastikan apa yang dapat atau tidak dapat dibuka oleh handset karyawannya. Perumpamaan, jika perusahaan mempunyai kebijakan karyawan tidak diperbolehkan menggunakan facebook pada handset blackberry-nya, server bes perusahaan dapat melumpuhkan facebook pada seluruh handset blackberry karyawan.

Server BES perusahaan dapat lakukan satu kali instalasi aplikasi untuk seluruh handset blackberry karyawannya. Perumpamaan, sesuatu perusahaan mempunyai 500 handset blackberry untuk tiap-tiap karyawannya, serta perusahaan pingin menggunakan satu aplikasi pada blackberry untuk beri dukungan sistem kerja mereka. Melewati server bes perusahaan, instalasi aplikasi pada 500 handset tersebut dapat dikerjakan melewati satu kali sistem. Bes juga mempunyai otoritas untuk menghapus seluruh data atau mengunci handset blackberry yang ada pada jaringan server-nya.

BIS & BES