Aplikasi BlackBerry / BlackBerry 10 / Panduan BlackBerry / Review BlackBerry / Tips BlackBerry / Umum

Apa Itu BBVE? dan Apa Fungsinya?

Advertisement
BBVE At Q10
BBVE At Q10

Apakah itu Blackberry Virtual Expert atau BBVE? BBVE itu merupakan aplikasi untuk melakukan sebuah diagnosa atau teset terhadap fungsi-fungsi dari beberap perangkat Blackberry, Aplikasi ini juga tersedua untuk perangkat Blackberry, Sebelumnya BBVE ini harus di instaldari Blackberry World Agar dapa lakukan fungsi pengetsan atau diagnosa di perangkat Blackberry anda.

Namun untuk BlackBerry 10 dengan OS versi 10.2.1, BlackBerry Virtual Expert ini sudah tersedia dan merupakan bagian dari system atau aplikasi bawaannya, jadi tidak perlu menginstal lagi dari BlackBerry World. Seperti dijelaskan pada tulisan sebelumnya mengenai BBVE ini, bahwa BBVE dibuat oleh BlackBerry untuk kepentingan pengguna khususnya untuk mengecek dan mendiagnosa kerusakan sebelum pengguna memutuskan untuk membawanya ke service center.

Cara membuka aplikasi BBVE
Bila sebelumnya sudah pernah menginstall BBVE melalui BlackBerry World tentu untuk membukanya bisa dari icon aplikasi tersebut. Untuk yang sudah menggunakan OS 10.2.1 Namun belum pernah menginstal nya ataupun yang sudah menginstall nya dapat mengaksesnya melalui aplikasi Help diikuti dengan men tap menu Testing. Untuk Versi dibawah versi 10.2.1 atau untuk OS selain BlackBerry 10 dapat menginstalnya melalui BlackBerry world dengan mengetikkan BBVE di kata kunci  pencarian.

Pada saat pertama kali membuka aplikasi BBVE melalui menu help atau icon aplikasi BBVE, akan ada permintaan permission untuk dapat mengakses beberapa fungsi di Blackberry 10, anda dapat men disable beberapa permintaan permission untuk beberapa fungsi namun jika didisable maka saat melakukan pengetesan beberapa fungsi tersebut tidak dapat di test atau meminta untuk di aktifkan beberapa permission.

Tujuan BlackBerry mengeluarkan BBVE ?
Dibeberapa negara, tempat service BlackBerry menyediakan self service dengan menyediakan station untuk self service tersebut, Pengguna yang ingin melakukan perbaikan perangkat BlackBerry nya dapat mengecek sendiri kerusakan-kerusakan yang dialaminya, tentu untuk kerusakan tertentu saja yang bisa di cek  oleh penggunanya misalkan kesalahan setingan, kerusakan software yang dapat di update sendiri dan lainnya. Beberapa kerusakan terkadang tidak memerlukan penanganan oleh teknisi service center dan sudah bisa diselesaikan dengan self service station.

BBVE merupakan self service yang sudah terpasang di perangkat BlackBerry 10 yang dapat memberitahukan beberapa kerusakan yang dialaminya, yang tentunya action selanjutnya dilakukan oleh pengguna untuk perbaikannya.

  • Keuntungan bagi pengguna adalah dapat lebih cepat mengetahui dan mendapat solusi untuk beberapa kerusakan tanpa harus datang ke tempat service center untuk perbaikannya.

 

  • Keuntungan dari Service Center BlackBerry, akan lebih fokus mengerjakan kerusakan yang lebih berat yang tidak dapat ditangani oleh pengguna.

 
Jadi tujuan dari BlackBerry Virtual Expert ini adalah untuk lebih efisiensi bagi pengguna Blackberry dan pihak BlackBerry selaku penyelenggara layanan perbaikan perangkat Blackberry.

BBVE At Q10