Aplikasi BlackBerry / BlackBerry 10 / Review BlackBerry / Umum

Waspada! Tiga Aplikasi Ini Diduga Curi Data Pribadi User BlackBerry 10

Advertisement

snap2chat_big

Sebuah laporan yang dirilis hari Senin kemarin menyatakan bahwa beberapa aplikasi third party dari BlackBerry 10 memiliki resiko dalam hal keamanan bila digunakan pada perangkat dengan BlackBerry 10. Menurut laporan tersebut, aplikasi native dari Snapchat, Snap2Chat dan Snap10, telah terserang oleh bahaya ini. Kedua aplikasi ini dikabarkan mengirimkan ratusan iklan ke jaringan perangkat mobile Smaato yang tidak terdeteksi oleh para penggunanya.

Kedua aplikasi ini ternyata juga mengumpulkan informasi-informasi yang telah disandikan ke sebuah website tersembunyi yang digunakan oleh pihak developer, termasuk di dalamnya data tentang nama, jenis kelamin, berikut umur pengguna. Masalah ini telah dibantah oleh pihak developer, Nemory Studios, yang bertanggung jawab untuk kedua aplikasi tersebut. Nemory mengatakan bahwa data yang diambil hanyalah ID user saja. Snapchat telah mengirimkan perintah kepada pihak developer untuk menghentikan aksinya dalam menggunakan logo mereka, dan untuk membuat Snap2Chat dan Snap 10 sebagai aplikasi berbayar.

Aplikasi lain yang juga disebutkan sebagai salah satu yang berbahaya dalam laporan tersebut menggunakan bandwith berkali lipat daripada yang seharusnya digunakan pada aplikasinya, yang mengindikasikan bahwa data pribadi user diambil ke sebuah situr analitik. Aplikasi Twittly buatan Nemory Studios mengumpulkan data dan analitik dari Google Tranlate. Data pribadi yang dimiliki oleh user Twittly dikirimkan dalam bentuk plain text sehingga membuatnya sangat mudah untuk dicuri. Sebanyak 10 iklan per detik juga dikirimkan ke Smaato meskipun tidak ada satupun yang dilihat oleh para pengguna.

Disarankan kepada para pengguna BlackBerry untuk menghindari ketiga aplikasi third party tersebut. Dan bila anda telah memilikinya, segeralah lakukan uninstall pada aplikasi-aplikasi yang membahayakan para penggunanya ini.

10_aplikasi_blackberry_berbahaya_2 aplikasi_blackberry_berbahaya_1

aplikasi_blackberry_berbahaya_1