Trik dan Tips Mengatasi BlackBerry Curve 8310 Jam Pasir (Sering Loading)

Sebenarnya Tips dan Trik Mengatasi BlackBerry 8310 yang Sering Loading atau Keluar Jam Pasiradalah gampang2 susah. Kenapa saya bilang demikian. Karena saya melihat pihak RIM selalu pengembang BlackBerry seperti kurang singkron antara software dan hardwarenya.

BlackBerry Curve 8310 untuk Vodafone
BlackBerry Curve 8310 untuk Vodafone

Maksudnya begini, RIM mencoba menghadirkan OS yang bagus dan berfungsi banyak, akan tetapi RIM melupakan hal penting, bahwa butuh Hardware bagus untuk Software bagus. Seperti kita liat beberapa Hardware BlackBerry adalah angkatan tua yang mana tidak cukup handal untuk OS terbaru. Akibatnya Jam Pasir di BlackBerry menjadi pemandangan rutin penggunanya. Ini sangat menyakitkan kalau lagi butuh kecepatan. Baik itu BBM ataupun sekedar akses Push Email.

Tips Mengatasi Jam Pasir atau Loading BlackBerry 8310 ini bisa juga di aplikasikan perangkat BlackBerry lain. Selamat menikmati.

Berikut ini ada 9 Tips Manajemen Memory Internal BlackBerry. Seperti kita ketahui bersama salah satu kelemahan dari BlackBerry adalah kita tidak bisa menginstall aplikasi di dalam Media Card, setidaknya sampai dengan OS 6.

Oleh karena itu, kita harus me-manage memory internal BlackBerry kita dengan baik. Berikut beberapa tips bagaimana me-manage memory blackberry:

  1. Pertama cobalah hapus (delete) semua messages yang tidak penting, baik itu email atau sms/mms. Email dengan attachment yang besar usahakan baca hanya melalui PC. 
  2. Langkah kedua hapus  browser cache. Caranya: buka browser, klik menu (logo bB), klik options, klik cache operations, klik clear history. 
  3. Kalau perlu tutup semua conversation yang tidak penting di bbmessenger, YM, GT, MSN, dan lain-lain. 
  4. Sekarang hapus cache di aplikasi FB. Caranya: buka FB, klik menu (logo bB), klik options, klik clear cache. 
  5. Hapus (delete) semua miss calls. Caranya: buka “messages”, klik menu (logo bB), klik view folder, klik missed calls, klik menu, klik delete prior. 
  6. Hapus (delete) phone call logs. Caranya: buka “messages”, klik menu, klik view folder, klik phone call log, klik menu, klik delete prior. 
  7. Hapus (delete) event log. Caranya: dari Home Screen tahan tombol alt, lalu klik hurur L G L G, lalu tekan menu (logo bB), klik clear log. 
  8. Bersihkan temp memory. Caranya: buka “options”, klik security options, klik memory cleaning, klik menu (logo bB), klik clean now, klik save. 
  9. Langkah Pamungkas adalah lakukan Soft Reset. Caranya: tekan alt – shift (aA) kanan – del secara bersamaan, tahan kira-kira 3 detik (sampai screen mati). 

Tips diatas perlu dilakukan trial dan error dan menemukan yang mana cocok diaplikasi di perangkat BlackBerry Anda. Selamat menikmati akhir pekan dan Salam BlackBerry


  • terimaskiih min atas infonya, sanagt berguna sekali untuk panduan saya