Aplikasi BlackBerry / Tips BlackBerry

Tips – Sinkronisasikan Kontak BlackBerry Anda dengan Gmail

Advertisement

Ada yang bilang lebih baik kehilangan Ponsel daripada harus kehilangan kontak, aneh ya?? padahal kalo ponselnya hilang sebagian kontak yang tersimpan di ponsel juga hilang hi…hi….hi….hi….. Maksud penulis adalah betapa pentingnya kontak sehingga beberapa orang beranggapan bahwa daripada kontak kontak telepon, email atau PIN yang hilang mending ponselnya saja yang hilang, karena ponsel kan bisa dibeli lagi, sedangkan untuk mendapatkan ratusan atau bahkan ribuan kontak yang hilang butuh waktu yang lebih dari pada mendapatkan ponselnya.

Google sync OTA
sinkronisasi kontak BB dengan google sync

Namun hal penulis beranggapan bahwa hal tersebut tidak selamanya benar, mungkin berlaku bari mereka – mereka yang belum sempat membackup kontak mereka. Namun lagi – lagi terkadang kita tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan backup kontak dan kemudian melakukan sinkronisasi jika diperlukan. Ada kabar yang menggembirakan bagi pembaca yang menggunakan akun email di Gmail, karena anda dapat melakukan backup dan sinkronisasi dengan menggunakan gmail. Caranya cukup mudah yaitu anda harus memiliki akun email di Gmail (bagi yang belum memiliki) tentunya.

Dan jika anda telah memiliki akun di Gmail berikut ini langkah – langkah untuk melakukan sikronisasi :

  • Download dan Instal Google Sync di SmartPhone BlackBerry Anda. Silahkan anda buka browser di SmartPhone BlackBerry anda dan buka m.google.com/sync, dan kemudian klik Install Now. Klik tombol Download, pada saat anda diminta untuk mendownload OTA Google Sync. Setelah proses download selesai selanjutnya adalah installasi. Lakukan restar jika diminta untuk Restart SmartPhone BlackBerry anda.
  • Langkah berikutnya adalah Mengkonfigurasi Google Sync. Ketika anda membuka aplikasi Google Sync untuk pertama kalinya, anda akan diminta untuk memasukkan akun Gmail anda beserta passwordnya. Isiakan username dan password Gmail anda dan kemudian tekan tombol Sign in.
  • Langkah terakhir adalah melakukan sinkronisasi kontak anda dengan Google Sync, sehingga anda tidak perlu ragu dan khawatir lagi akan kehilangan kontak di SmartPhone BlackBerry.

Selamat mencoba..

 

  • joeprex

    Bro apakah bisa sy merestore kontak bbm 7 ke bb jadul os 4,karena bb sy rusak dan untuk sementara mau pake bb lama.sy kesulitan merestore data kontak bbm-nya,soalnya bb jadul dan tdk ada bbid,sy coba restore via email ,tetapi sepertinya smenjak ada bbm7 fitur restore via email tdk bisa dipake lagi,

  • Rahmat

    Bagaimana cara mengcopy phonebook balckberry ke SIM card