Tips Mengatasi Laptop Anda Agar Tidak Mudah Lemot

Pengguna laptop sekarang sudah makin banyak, apalagi pada mahasiswa/mahasiswi laptop adalah menjadi kebutuhan utama dalam belajar ataupun mengerjakan tugas kuliahnya. Oleh karena itu disini saya akan memberikan tips agar laptop anda tidak mudah lemot.

Laptop
Laptop

Apabila laptop lemot tentunya akan membuat anda resah dan gelisah tiada ampun. Apalagi bila ada tugas, atau pekerjaan kantor yang deadlinenya sudah dekat misalkan membuat skripsi atau pekerjaan lainnya. Tentunya penyebab utamanya adalah laptop yang lemot, seperti ram yang terlalu kecil dan kebanyakan menginstal aplikasi yang tidak penting.

Oleh karena itu disaat membeli laptop tentunya berfikir kedepannya akan digunakan untuk apa dan apakah laptop tersebut akan mampu untuk menampungnya. Hal ini juga bisa membantu anda agar laptop yang nantinya akan dibeli tidak lemot dan tahan lama dalam penggunaannya. Disini saya akan memberikan tips bagaimana mengatasi laptop anda agartidak lemot. Langsung saja mari kita simak tips dibawah berikut.

Tips Mengatasi Laptop Anda Agar Tidak Mudah Lemot :

  • Apabila menggunakan laptop bukalah aplikasi yang diperlukan saja

Membuka aplikasi yang berlebihan akan membuat laptop anda lemot, misal pada saat anda mengerjakan tugas pada word anda sambil mendengarkan youtube, dan membuka aplikasi lainnya. Oleh karena itu bukalah aplikasi yang diperlukan saja agar laptop anda tidak lemot.

  • Uninstall aplikasi yang tidak diperlukan

Apabila laptop sudah mempunyai aplikasi yang sudah banyak tentunya laptop anda kan lemot, karena pada kapasitas penyimpanan pada Drive CĀ akan menjadi penuh dan membuat sistem terlalu lama dalam membaca hard disk. Oleh karena itu hindari penginstalan aplikasi yang tidak dibutuhkan.

  • Menginstall aplikasi anti virus

Penginstalan aplikasi anti virus adalah menjadi solusi juga dalam mengatasi laptop lemot. Karena takut ada virus yang tertanam dalam laptop anda. Seperti layaknya manusia laptop pun juga bisa terserang virus.

  • Perawatan Hardware

Maksud dari perawatan hardware adalah sebaiknya anda membersihkan laptop anda rutin setiap 1 minggu atau 2 minggu sekali. Seperti membersihkan kotoran dibagian kipas laptop anda , karena kipas berfungsi untuk mendinginkan laptop. Karena apabila laptop anda mengalami panas yang berlebihan juga membuat kinerjanya turun.

 

Mungkin sampai disini dulu postingan kali ini. Semoga bermafaat dan selamat mencoba tips yang saya berikan. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.