Tips BlackBerry

Tips – Cek Mengapa BlackBerry Anda Sering Restart Saat Digunakan

Advertisement

Banyak pertanyaan yang masuk di inbox kami sehubungan dengan perangkat blackberry, dan kebanyakan yang terjadi selain error – error yang sering muncul (error, 102, 103, 507, 500 dan lain – lain) adalah perangkat blackberry yang kerap kali restart dengan sendirinya. 2 (dua) macam restart yang sering terjadi adalah dimana perangkat blackberry merestart saat digunakan atau ada yang lebih parah lagi perangkat blackberry selalu atau terus menerus restart saat proses booting atau boot loop.

tips bb, booting
Tips – Mengatasi BlackBerry yang Sering Restart

Nah untuk error yang pertama, yakni perangkat blackberry yang sering restart saat digunakan, ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya. Berikut kemungkinan penyebab dan cara mengatasinya :

  1. Penyebab pertama adalah, karena sistem blackberry anda yang crash solusinya : reload OS.
  2. Penyebab kedua adalah karena kapasitas RAM blackberry anda yang penuh karena terlalu banyak aplikasi yang anda install dan berjalan di balik layar, solusinya : tutup aplikasi yang sedang jalan dengan cara tekan tombol home (logo BB) agak lama sehingga tampil aplikasi yang sedang jalan, klik pada aplikasi dan kemudian tekan lagi pada tombol menu (logo BB) kemudian pilih close. Jika dengan cara ini belum mengatasi permasalahan anda, silahkan anda delete aplikasi yang sudah tidak anda gunakan.
  3. Penyebab yang ketiga adalah kondisi konektor batterai kotor, solusinya : lepas batterai bersihkan konektor di battere dan di blackberry anda dengan contact cleaner, anda bisa menggunakan cutton bud untuk membersihkannya dengan cara celupkan cutton bud pada cairan contact cleaner kemudian gosok-gosokkan pada bagian konektor.
  4. Penyebab yang kelima adalah kondisi batterai yang longgar, solusinya : lapisi batterai dengan apa saja batterai tidak mudah goyang.

Demikian tips sederhana dari kami, semoga bermanfaat bagi anda.

tips bb, booting
  • sofia

    Senang sekali dgn artikel ini Bang. Ternyata bb sy penyebabnya no 3. Trimakasih infonya. 4 jempol buat Abang.

    • oke, sama – sama mbak sofia, seneng juga bisa membantu menyelesaikan persoalan BB anda, silahkan anda berkunjung untuk tips lainnya.

  • 7.1.0.1070 (Bundle 2885) for
    Blackberry Bold 9790
    Blackberry Bold 9790 version 7.1.0.1070
    (7.1.0.2885)

    * Dari kelima kemungkinan diatas, dipastikan tidak ada masalah, apa sebab lain dari bb masih suka restart (kalau diperhatikan terjadi saat jaringan yg tidak stabil) tp kalau dipasang charger saat digunakan, lancar jaya.

    * Sudah berkali┬▓ reoad OS (via app loader), tp tidak ada perubahan. Yg diatas adalah OS terbaru yg saya gunakan.

    * Point no 3, apa mungkin baru 3 bulan pake konektor bisa kotor ? (Sekarang hampir 1,5 th perangkat ini saya gunakan) Saya cek masih bersih.

    * Saya baca di forum, banyak sekali type ini mengalami hal yg sama. Mohon bantuannya, bingung jg karena ditempat saya tidak ada center BlackBerry & tukang service pun kelabakan dg apa penyebabnya. Trims.

    • jika membaca keterangan awal “Dari kelima kemungkinan diatas, dipastikan tidak ada masalah, apa sebab lain dari bb masih suka restart (kalau diperhatikan terjadi saat jaringan yg tidak stabil) tp kalau dipasang charger saat digunakan, lancar jaya”

      Jika masalahnya adalah saat penggunaan daya hanya pada batterem sedangkan saat di charge tidak ada masalah, menurut analisa kami :

      – Permasalahan bisa di batterai yang tidak menyuplai kebutuhan hardware dengan baik. namun jika kondisi battere sudah oke (tidak longgar dan konektor tidak kotor), cek permasalahan berikutnya yaitu di sirkuit power dari batterai, kemungkinan ada komponen yang tidak bekerja sebagaimana mestinya.

      • Maksudnya sirkuit power dari batterai yg didalam mesin atau di battery nya (maaf, soalnya saya bukan tekhnisi, jd agak bingung mencernanya).

        Kemungkinan hardware nya yg bermasalah ada ga ?

  • MARCO

    wah agan di atas sama banget nih masalahnya kaya hape ane, suka ngereboot ga jelas tapi kalo sambil di charger lancar banget. terus gimana ya solusinya ?

    • lakukan langkah seperti yang kami tulis, jika semua sudah dilakukan tapi tetap saja, kemungkinan terletak di circuit antara batterai ke rangkaian power.

      • “kemungkinan terletak di circuit antara batterai ke rangkaian power”

        Mohon bisa lebih spesifik lagi penjelasannya ? Trims.

        • untuk ini anda harus membawa ke services untuk mengecek tidak ada komponen yang dalam blok/bagian power tidak ada yang mati, namun sebelumnya cek konektor batterai dalam kondisi oke / tidak goyang.