Berita BlackBerry / Panduan BlackBerry / Tips BlackBerry / Umum

Tidak Bisa Menggunakan Blackberry sebagai Mass Storage di Komputer dan Laptop

Advertisement

Satu fitur yang sangat bermanfaat adalah membuat Blackberry sebagai Mass Storage di Laptop, dengan fitur kita bisa mengcopy file dari Blackberry ke Laptop atau sebaliknya dengan cepat, tinggal sambungkan Blackberry menggunakan Kabel Data ke Laptop, nanti terdetect sebagai Mass Storage dengan fungsi yang sama seperti Flashdisk.

mass-storage-2


Namun ada kalanya, fitur sebagai Mass Storage ini tidak muncul pada saat kita mencolokan Blackberry ke Laptop. Nah, untuk mengatasi Blackberry Tidak Terdetect sebagai Mass Storage di Laptop berikut beberapa tips dan trik yang bisa dicoba.

Pertama masuk ke menu Option – Media (jika Anda menggunakan Blackberry Bold 9780 atau Blackberry Curve 3G dan Blackberry Torch 9800 masuk ke Option-Device-Storage) pastikan setingan berikut udah sesuai di Blackberry Anda :

–  Media Card Support: On
–  Encryption Mode: None
–  Mass Storage Mode Support: On
–  Auto Enable Mass Storage Mode When Connected: Yes

Kedua, pastikan di Laptop atau Komputer sudah terinstall Blackberry Desktop Manager. Jika masalah masih muncul coba sambungkan Blackberry ke Laptop lain apakah masih sama tidak terdetect? Coba juga ganti Kabel data yang dipakai, dan memori card. Bila ternyata masalah tetap masih juga ada, saatnya Anda mencoba Wipe Handheld dengan resiko semua data di Blackberry akan hilang.

Upgrade OS Blackberry bisa menjadi alternatif solusi lain, jika ternyata dengan proses Wipe Handheld, Blackberry tetap tidak terdetect sebagai Mass Storage di Laptop. Kesimpulan akhir, jika dengan upgrade OS masih juga tidak membuahkan hasil, bisa jadi Hardware Blackberry Anda sudah bermasalah.

mass-storage-2