Smartphone Anda Tidak Bisa Charger, Berikut Cara Mengatasinya!

Smartphone dan segala isinya itu punya masa ‘jaya’. Saat pertama kali dibeli, pasti kinerja smartphone bakal baik-baik saja. Namun saat sering digunakan atau usia penggunaannya sudah lebih dari setahun, maka perfoma smartphone bakal mulai turun dan ada saja masalah yang muncul. Salah satunya di sisi baterai.

Smartphone
Smartphone

Masalah pada smartphone yang paling sering terjadi jika sudah lama digunakan biasanya seputar gak bisa di-charge alias diisi ulang. Kalau sudah mengalami masalah ini, jangan buru-buru beli smartphone baru deh. Coba atasi pakai trik jitu yang sudah pandubb siapkan berikut ini:

1. Cek sumber daya sebelum nge-charge.

Biasanya guys kesusahan nge-charge disebabkan oleh sumber daya listrik yang gak sesuai dengan smartphone. Pastikan dahulu sumber daya listrik yang digunakan, sudah memadai atau belum. Jika ternyata lebih rendah daripada angka yang tertera di adapter maka wajar saja kalau smartphonemu gak bisa nge-charge.
Mengisi ulang smartphone dengan sumber daya yang rendah akan membuat baterai smartphone cepat rusak. Oleh karena itu, mending hindari deh nge-charge di sembarang tempat seperti lewat colokan USB laptop atau PC.

2. Coba cek kabel charger-mu. Siapa tahu sudah rusak!

Coba deh kamu cek kabel charge smartphonemu. Siapa tahu kabel untuk nge-charge itu rusak bagian dalamnya, sehingga bikin listrik gak bisa tersalurkan dengan baik ke smartphone.
Jika kamu pakai kabel charger yang gak asli, bisa jadi itu biang masalahnya. Karena gak asli, bisa jadi bahan dari kabel gak sesuai dengan smartphone. Pada akhirnya bikin smartphone gak bisa nge-charge walau kabel yang kamu gunakan tergolong baru tapi palsu.

3. Jangan lupa juga cek adapter chargernya!

Adapter charger juga bisa jadi alasan kalau smartphone gak bisa di-charge. Masalah ini biasa muncul, kalau kamu pakai adapter charger yang gak sesuai alias bukan bawaan pabrik. Untuk mengatasinya, coba gunakan adapter charger smartphone bawaan. Namun kalau masih gak bisa nge-charge juga, berarti kamu wajib menggunakan adapter charger dengan ampere yang lebih besar.

4. Cek port USB smartphone

Ya, smartphone lama rentan banget kotor dan bagian port USB biasanya yang paling luput dari perawatan. Kalau gak dibersihkan dengan baik, debu bisa saja menumpuk dan menghalangi proses pengisian daya baterai smartphone.
Solusi untuk masalah ini adalah jangan malas untuk membersihkan smartphone, terutama bagian port USB. Caranya adalah dengan meniup-niup atau gunakan lembaran tissue yang halus untuk membersihkan port USB.

5. Kamu bisa melakukan kalibrasi baterai

Trik ke-lima ini bisa dilakukan untuk mencegah atau jika sudah ada tanda-tanda baterai smartphone mulai soak. Cara melakukan kalibrasi baterai smartphone mudah banget kok, hanya dibutuhkan kesabaran yang penuh. Awal-awal, kamu tinggal isi daya smartphone sampai penuh 100 persen dalam keadaan mati.

Setelah itu, coba nyalakan lagi deh smartphonemu dan charge lagi hingga penuh. Setelah itu gunakan smartphone untuk apa pun sampai keadaan baterai benar-benar habis. Jika sudah habis dan mati biarkan dulu 10-15 menit dan sekarang charge smartphone kamu hingga penuh dalam keadaan mati. Jangan dinyalakan dulu sebelum penuh ya!

Kalau trik di atas sudah kamu lakukan maka secara resmi baterai smartphonemu sudah terkalibrasi secara manual. Nah, itulah 5 trik jitu mengatasi baterai smartphone yang gak bisa di-charge. Pasti berhasil dan kamu gak perlu cepat-cepat beli smartphone baru kan! Selamat mencoba…