Research In Motion (RIM) Bantah tanam Carrier IQ

Beberapa waktu lalu BlackBerry sempat dihebohkan dengan pemberitaan bahwa pihak produsen RIM telah menanamkan sebuah perangkat lunak atau aplikasi yang diberi nama  Carrier IQ di setiap smartphone BlackBerry. Namun dugaan ini tidk hanya tertuju pada BlackBerry namun pada semua jenis SmartPhone lainnya seperti Android, dan iPhone. Mungkin tidak semua orang khususnya pengguna Blackberry tahu apa itu Carrier IQ. Carrier IQ merupakan sebuah perangkat lunak yang bisa menjadi spionase atau mata-mata untuk membantu operator dalam memata-matai semua pesan teks yang masuk dan keluar.

Namun RIM telah membantah dugaan bahwa mereka telah menanamkan Carrier IQ pada setiap smartphone mereka. Di sebuah forum BlackBerry, Mark Sohm salah seorang punggawa RIM mengatakan bahwa RIM menyadari klaim terbaru oleh peneliti keamanan bahwa aplikasi bernama “Carrier IQ” diinstal pada perangkat mobile dari beberapa vendor tanpa sepengetahuan atau persetujuan dari pengguna. Dan pihak RIM berjanji akan terus menyelidiki laporan-laporan dan spekulasi yang terkait dengan Carrier IQ. Dan pihak RIM bisa membuktikan bahwa Carrier IQ bukanlah aplikasi pra-instal atau aplikasi bawaan BlackBerry.

Jika memang ada aplikasi Carrier IQ hadir di smartphone BlackBerry,  itu tidak berarti bahwa aplikasi tersebut telah dihacked, pada  platform BlackBerry. Sementara itu pengguna BlackBerry Enterprise Server sebagai admin memiliki kontrol penuh atas yang perangkat lunak pihak ketiga ketika ia menginstal aplikasi pada smartphone BlackBerry. Smartphone BlackBerry dirancang untuk meminta pengguna untuk persetujuan untuk memberikan hak akses untuk aplikasi pihak ketiga, sehingga jika memang ada aplikasi aneh yang bukan aplikasi yang diinstall pengguna, sebaiknya pengguna segera meng-unistall aplikasi tersebut. Dari pernyataan ini, terlihat didalam smartphone BlackBerry tidak ada perangkat yang bernama Carrier IQ. Jadi, pengguna BlackBerry tidak perlu khawatir lagi tentang isu Carrier IQ ini.

Dari apa yang dipaparkan oleh pihak RIM, pengguna SmartPhone Blackberry tidakperlu khawatir dengan isu-isu tersebut. Dan untuk keamanan perangkat anda, sebaiknya anda menggunakan platform-platform yang memang asli keluan RIM, atau pastikan anda menginstall aplikasi yang anda mengerti kegunaannya.