Panduan BlackBerry / Tips BlackBerry

Mudahnya Transfer Kontak Dari BlackBerry Q10 Via NFC

Advertisement

Sudah tahu belum jika perangkat anda memiliki fitur NFC (Near Field Communications). Near Field Communication (NFC), diartikan secara harfiah Komunikasi Medan Dekat adalah seperangkat teknologi konektivitas nirkabel berbasis teknologi Radio Frequency Identification (RFID) yang menggunakan induksi medan magnet untuk memungkinkan komunikasi antar perangkat elektronik dalam jarak yang dekat (via Wikipidea). Jadi dengan teknologi komunikasi atau konektivitas ini memungkinkan kita untuk saling menghubungkan atau mengkomunikasikan 2 perangkat yang sama Рsama memiliki fitur NFC dari jarak dekat atau biasanya kedua perangkat tersebut saling disentuhkan satu sama lain. 

BB Q10, NFC, Transfer Kontak
Transfer Kontak – BlackBerry Q10

Jika kita bepergian ke negara maju mungkin anda akan sedikit bingung jika melihat beberapa pengendara mobil yang melintas pintu tol berbayar bukan mengeluarkan uang atau kartu langganan tetapi mereka menyentuhkan perangkat komunikasi seperti ponsel. Atau saat anda bepergian ke mall melihat orang membayar di kasir dengan menggunakan ponsel mereka yang disentuhkan ke alat NFC di kasir, mungkin aneh bagi kita, tapi ya maklum lah kita berada di negara berkembang yang terkadang masih telat dalam mengembangkan dan memanfaatkan teknologi.

Tetapi masih ada yang bisa anda lakukan dengan perangkat BlackBerry Q10 anda dengan teknologi NFC yang ada didalamnya. Misalnya anda ingin mengirim kontak, file, gambar dan lain sebagainya, anda dapat memanfaatkan NFC sebagai media untuk transfer.

Berikut cara transfer kontak telepon via NFC di BlackBerry Q10 :

  1. Munculkan Home Screen.
  2. Klik pada menu kontak
  3. Pilih/sentuh kontak yang ingin anda transfer ke perangkat lain.
  4. Tap ikon menu (3 titik vertikal) di kanan bawah layar.
  5. Tap menu “Share Contact”.
  6. Pilih “NFC”.
  7. Sentuhkan bagian belakang perangkat (ponsel) yang akan menerima kontak tersebut ke bagian belakan BlackBerry Q10 anda.
  8. Cek di perangkat yang akan menerima kontak untuk menerima transfer file (kontak) dari BlackBerry Q10 anda.
  9. Selesai.

BB Q10, NFC, Transfer Kontak