Tips BlackBerry

Menjaga Performa BlackBerry Dengan Menjaga Kapasitas Memory

Advertisement

Perangkat SmartPhone termasuk Blackberry memiliki keterbatasan kapasitas memory internal, seperti BlackBerry tipe 8707 hanya memiliki kapasitas minimal 62 MB atau BlackBerry tipe Onyx 2 dengan kapasitas memory yang lumayan besar yaitu 512 MB. Jadi jika memory yang kita gunakan (untuk menginstall aplikasi) menghabiskan lebih dari setengah kapasitas memory apalagi hingga penuh tentunya akan berdampak pada menurun drastisnya kinerja dari BlackBerry yang kita gunakan bahkan terkadang muncul jam pasir atau Hang. Nah, alangkah lebih baiknya kita menjaga kinerja perangkat kita dengan memberikan ruang memory yang lebih hingga kinerja BlackBerry kita kembali seperti sedia kala.

Untuk melihat total memory yang digunakan dari sisi device bisa dengan cara menekan tombol alt + aA + H (untuk beberapa device seperti 95xx bisa dengan menekan tombol back + sentuh layar kanan atas dan kiri atas bergantian, untuk blackberry dengan tipe 91xx dengan menekan tombol volume atas bawa sampai muncul tombol alt di kiri atas, kemudian ketik “ACER”) dan akan muncul menu HELP ME, scroll kebawah sampai terlihat tulisan Free Mem dan Mem Usage.

Beberapa Cara yang bisa anda gunakan untuk mengembalikan performa kinerja BlackBerry kita adalah sebagai berikut :

  1. Menghapus pesan (Email, SMS, BBM) yang sudah tidak diperlukan lagi.
  2. Menghapus aplikasi – aplikasi yang sudah tidak anda gunakan, seperti aplikasi permainan, theme dll.
  3. Lakukan Clear Log, dengan menekan Alt + LGLG bersamaan kemudian anda tekan tombol menu kemudian pilih clear log, lalu muncul pop up yang menginformasikan apakah kita ingin men-clearkan log tersebut, lalu kita pilih delete. Setelah log tersebut terdelete, langkah selanjutnya adalah tekan menu kembali lalu pilih option. Layar berganti ke layar EvenLogger Options, pilih salah satu pilihan list dibawah, tekan menu kembali, lalu pilih hide all types dan save. Aktifitas ini akan membuat BlackBerry kita tidak merekam semua aktifitas log sehingga akan menambah memory internal blackberry tersebut.
  4. Memory Cleaner, Aplikasi ini bisa didapat di Option – Security – Advanced Security Settings – Memory Cleaning. Untuk memunculkan aplikasi ini di home screen, maka pada menu tersebut pilihlah enable dan place Memory Cleaner Shortcut on Home Screen dan Save jangan lupa untuk di lock dan kemudian di unlock. Setelah muncul di home screen, tekan gambar Memory Cleaner, aktifitas ini akan men clean up registry yang ada pada blackberry tersebut.

 

  • zay

    Klo BlackBerry z1o gmna ya.