Panduan BlackBerry / Review BlackBerry / Tips BlackBerry / Umum

Menggunakan Keyboard Blackberry Passport dengan Baik

Advertisement
 Blackberry Passport
Blackberry Passport

Produk Blackberry yaitu Blackberry Paspot ini menggunakan Keyboard Fisik sebagai Interfacenya yang telah di kombinasikan dengan Virtual Keyboard untuk beberapa karakter tambahan. tetapi sebelumnya Blackberry sudah mengeluarkan beberapa Model Blackberry 10 yang sudah menggunakan Keyboard Fisik contohnya BB Q5 dan Q10, tetapi Berbeda dengan Blackberry Passport yang memiliki keistimewaan di keyboardnya,yaitu responnya dengan cara menyentuhnya saja mukan menekan/ memencetnya

Jadi seperti trackpad yang merespon ketika di sentuh dan digeser ke beberapa arah, namun fungsi keyboard yang seperti trackpad ini dapat difungsikan untuk beberapa kegunaan. Berdasarkan pengalaman beberapa lama menggunakan Blackberry Passport ini ada beberapa yang bisa saya share yang mungkin masih ada lagi beberapa action yang bisa dilakukan dengan keyboard nya Passport.

1. Men scroll halaman kekanan, kekiri, keatas dan kebawah

1. Men scroll halaman kekanan, kekiri, keatas dan kebawah
Men scroll halaman kekanan, kekiri, keatas dan kebawah

Jika anda membuka suatu halaman aplikasi seperti browser atau list picture, bisanya anda menggeser ke arah bawah dengan men swipe di touch screen nya atau menggunakan trackpad jika ada. Namun dengan BlackBerry classic ini semua keyboard fisik berfungsi sebagai trackpad untuk menggeser halaman keatas atau kebawah dan juga dapat menggeser kekanan dan kekiri jika halaman tersebut dapat digiser kekanan dan kekiri. Anda dapat mencobanya dengan membuka browser dan geser keatas dan kebawah.

 

2. Mengambil prediksi kata

2. Mengambil prediksi kata
Mengambil prediksi kata

Dengan melakukan swipe di keyboard dari arah bawah maka prediksi kata yang muncul akan dapat kita ambil. Jika di Blackberry 10 yang menggunakan keyboard fisik lainnya, untuk mengambil prediksi kata dengan men tap diatas kata tersebut namun di BlackBerry Passport dapat men swipe dari keyboard fisik baris paling bawah ke baris paling atas. Contoh untuk mengambil “kata” maka diswipe dari tombol X ke S ke W, dan “kata” akan terambil.

 

3. Menghapus satu kata

3. Menghapus satu kata
Menghapus satu kata

dengan men-swip ke arah kiri satu kali di atas keyboard BlackBerry Passport akan menghapus satu kata sebelumnya , jika duakali swipe maka akan menghapus dua kata dan seterusnya. Fitur ini sebenarnya ada juga di semua Blackberry 10 namun hanya saja dilakukan di touch screen dengan menggeser ke kiri di tengah layar touch screen.

 

4. Memunculkan dan merubah karakter di virtual keyboard

4. Memunculkan dan merubah karakter di virtual keyboard
Memunculkan dan merubah karakter di virtual keyboard

Jika kita dalam mode menulis dan kita ingin menampilkan angka atau karakter-karakter maka kita bisa men tap logo yang bertuliskan @123 yang ada di kanan bawah layar. Namun ada cara lain untuk melakukan menampilkan itu yaitu dengan men swip dari baris teratas ke bawah, contoh dari E ke D ke C, atau I ke K ke N atau paling pass biasanya men swipe dari tengah keyboard dari Y ke H ke space bar. Pada swipe pertama akan muncul angka dan beberapa karakter, dan swipe ke dua akan muncul alternatif karakter lainny dan swipe yang ke tiga virtual keyboard akan menutup.

 

5. Memblok kata menggunkan kursor

Memblok kata menggunkan kursor
Memblok kata menggunkan kursor

Sama halnya seperti memblok tulisan di perangkat yang ada trackpadnya yaitu dengan menekan sift dan menggeser trackpad kekanan dan kekiri. Di BlackBerry Passport ini dengan keyboard fisik berfungsi sebagai trackpad maka untuk memblok tulisan di BlackBerry Passport dalah dengan menekan tombol (virtual) shift yang ada pojok kiri bawah layar, lalu geser kekanan di atas keypad untuk memblok tulisan yang diinginkan.

Blackberry Passport