Panduan BlackBerry / Review BlackBerry / Tips BlackBerry / Umum

Mengatasi Sinyal BlackBerry yang Hilang

Advertisement

sinyal hilang seketika

Bagi Anda yang memiliki BlackBerry, pasti sewaktu-waktu ponsel Anda tersebut pernah mengalami kehilangan sinyal ataupun perubahan sinyal yang drastic. Kehilangan sinyal BlackBerry tentu sangat menjengkelkan, sehingga membuat BlackBerry lemot dan beberapa layanan BlackBerry tidak dapat digunakan seperti Browsing, BlackBerry Messenger, dan lainnya. selain itu, hal tersebut juga tentunya akan mengganggu komunikasi Anda dengan orang lain sehingga mungkin akan sangat merugikan jika hal tersebut terjadi bersama rekan bisnis Anda.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan secara rinci penjelasan mengenai sinyal BlackBerry dan solusi yang tepat untuk memperbaikinya, agar Anda mengerti setiap tanda sinyal yang muncul pada perangkat BlackBerry Anda dan juga tahu cara perbaikannya. Apa sajakah berbagai macam tanda tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Tanda Sinyal SOS

Tanda pertama yang akan kita bahas adalah tanda sinyal SOS. Sinyal SOS pada BlackBerry menandakan bahwa perangkat BlackBerry Anda tidak mendapat sinyal atau juga kehilangan sinyal. Hal tersebut bisa saja terjadi jika Anda berada di ruangan yang sangat minim mendapat asupan sinyal ataupun berada di daerah terpencil yang jauh dari BTS. Sinyal SOS pada BlackBerry membuat Anda tidak dapat melakukan pengiriman atau penerimaan SMS, Browsing, Chatting dan hampir semua layanan yang memerlukan sinyal seluler.

Untuk menyiasati hal ini, Jika Anda berada dalam ruangan minim sinyal, tentunya Anda harus mencari tempat yang mendapat asupan sinyal yang cukup sehingga sinyal BlackBerry yang tadinya SOS kembali normal. Namun jika Anda berada di ruangan yang memang mendapat asupan sinyal yang cukup tapi sinyal BlackBerry Anda masih SOS, coba lakukan soft reset atau hard reset BlackBerry Anda. jika sinyalnya masih belum muncul juga, pancinglah sinyal BlackBerry atau Anda bisa juga melakukan Diagnostics Test dengan Host Routing Table.

Tanda Sinyal GSM

Tanda selanjutnya yang sering didapatkan adalah tanda sinyal GSM. Tanda sinyal GSM pada BlackBerry akan membuat BlackBerry Anda hanya bisa digunakan untuk SMS dan Telepon, tidak ada layanan data service yang bisa di gunakan seperti chatting, Email, Browsing, dan lainnya. untuk mengatasi hal ini caranya hampir sama dengan solusi tanda sinyal BlackBerry SOS, Anda bisa pancing sinyal BlackBerry Anda atau PING!! ke server RIM dengan Diagnostics Test.

Sinyal BlackBerry Huruf Kecil “gprs/edge/3g”

Hal selanjutnya yang akan kita bahas adalah simbol koneksi internet yang berukuran kecil. Tanda sinyal gprs/edge/3g huruf kecil berarti Anda belum melakukan pendaftaran untuk berlangganan paket data BlackBerry atau BIS. Hal tersebut bisa juga terjadi karena adanya error pada data service di jaringan operator.

Untuk mengatasi permasalahan seperti ini, jika Anda belum berlangganan paket BIS Anda bisa berlangganan terlebih dahulu paket BIS yang ditawarkan oleh operator seluler yang Anda gunakan. Jika memang sudah berlangganan layanan data service BlackBerry dan sinyal menjadi huruf kecil gprs/edge/3g maka Anda bisa coba pancing sinyal BlackBerry Anda atau dengan melakukan Diagnostics Test.

Sinyal BlackBerry Huruf Besar “GPRS/EDGE/3G”

Sinyal BlackBerry GPRS/EDGE/3G dengan huruf besar berarti BlackBerry Anda berada dalam layanan paket data BIS sehingga Anda bisa menggunakan semua fitur browsing, chatting, Email, dll sesuai paket BIS yang Anda ambil. Jika Anda menemukan simbol ini di perangkat BlackBerry Anda, berarti sinyal pada perangkat Anda sedang dalam keadaan normal dan tidak perlu dilakukan perbaikan apapaun.

Cara Pancing Sinyal BlackBerry

Di atas telah kita singgung mengenai cara memperbaiki permasalahan pada sinyal dengan cara pancing sinyal. Nah bagaimanakah sebenarnya cara pancing sinyal ini? Berikut step by step cara untuk pancing sinyal untuk mengatasi sinyal BlackBerry yang mengalami SOS, GSM, ataupun huruf kecil semua, namun sebelumnya Anda sudah berlangganan paket data BlackBerry terlebih dahulu tentunya.

-Buka Manage Connection (pada homescreen arahkan kusor ke paling atas seperti pada gambar)
-Hilangan centang box Mobile Network dan centang lagi
-Jika sinyal masih belum kembali normal, PING server RIM dengan Host Routing Table

sinyal hilang seketika