Panduan BlackBerry / Review BlackBerry / Tips BlackBerry / Umum

Mamatikan Fitur Swipe to Unlock di Blackberry 10

Advertisement

 

Blackberry 10
Blackberry 10

Blackberry baru gunakan sistem yang berbeda dengan Blackberry yang lama, perbedaanya di signifikasi dapat dilihat dari bentuknya, misal bb 10 lebih optimalkan fitur touch screen atau tidak hanya itu.namun anda ingin mematikian beberapa fitur itu seperti Swipe To unlock caranya? berikut ini caranya 😀


Tips Untuk BlackBerry 10: Mematikan Fitur Swipe to Unlock”) selanjutnya berikut ini. Khusus untuk urusan layar, BlackBerry menawarkan berbagai hal baru salah satunya adalah dimaksimalkannya fitur gestur sehingga input tersebut berpengaruh besar dalam penggunaan perangkat ini. Hal ini disebabkan tombol fisik yang biasanya terdapat pada handphone ini tidak dijumpai pada BlackBerry terbaru.
. Berikut ini adalah beberapa contoh gesture yang berpengaruh pada layar BlackBerry 10?

– *Scroll*, dengan menggeser jari dari bawah ke atas layar. Hal ini dapat dilakukan pada kebanyakan aplikasi, gunanya untuk menggeser konten ke arah atas agar konten yang terdapat pada bagian bawah [layar] dapat terbaca. *Scroll* ini juga bisa dilakukan ke arah sebaliknya, yaitu menggeser jari dari arah atas ke bawah, fungsinya untuk menampilkan konten yang berada pada bagian atas.

– *Scroll* di antara 2 items dapat dilakukan dengan cara menggeser jari pada layar dengan gerakan menyamping, dari kanan ke kiri. Hal ini dapat digunakan untuk menggeser layar sehingga item berikutnya dapat dilihat.Hal ini juga dapat dilakukan dengan cara menggeser jari ke arah yang berlawanan.
Memilih sebuah item, dapat dilakukan dengan cara melakukan proses sentuh dan menahan sentuhan tersebut *(tap and hold)* pada layar BlackBerry. – Memilih beberapa item sekaligus, dapat dilakukan menggunakan dua titik sentuh atau 2 jari. Peek dapat dilakukan dengan cara menyentuhbagian bawah lyar dan menggesernya ke arah kanan. – Membuka menu *action* dapat dilakukan dengan cara *tap and hold* pada ujung kanan bawah layar – *Zoom in* dilakukan dengan cara mencubit layar ke arah luar (jari saling menjauh) dan dilakukan dengan bersamaan menggunakan 2 jari. *Zoom out* juga dapat dilakukan dengan cara sebaliknya, mencubit layar ke arah dalam (seperti gerakan mencubit). Mayoritas sistem operasi saingan mengharuskan Anda untuk menekan tombol *power* terlebih dahulu dan diikuti dengan melakukan proses *swipe* untuk membuka layar. BlackBerry 10 berbeda, perangkat ini dapat diaktifkan dari keadaan terkunci dengan cara melakukan gerakan *swipe* dari arah bawah ke atas.

Untuk dapat mengaktifkan perangkat dan menampilkan konten terakhir yang ditampilkan pada layar BlackBerry 10 Anda. Hal ini terkadang memang memudahkan, namun tentu saja dapat menjadi suatu hal yang merepotkan apabila layar sering terkena sentuhan jari. BlackBerry dapat aktif dengan mudah tanpa sengaja, untuk menghindari hal tersebut, banyak pengguna BlackBerry 10 yang ingin mematikan fitur gestur dalam hal mengaktifkan layar BlackBerry 10. Bagaimana cara untuk melakukan hal tersebut? Mudah saja. Tips untuk BlackBerry pertama pilih *Settings* dari menu utama, dilanjutkan ke *Display*, ubah pilihan *Arrow Gestures when Locked* menjadi *OFF*. Tips untuk BlackBerry sederhana ini dapat mencegah layar BlackBerry 10 yang aktif karena fitur gesture yang dilakukan secara tidak sengaja. Menggunakan cara ini berarti Anda harus menyentuh tombol *power* kemudian baru diikuti dengan melakukan proses *swipe* ke atas pada layar untuk membuka kunci layar dan mengaktifkan perangkat.
Memang menjadi sama dengan handphone kebanyakan, namun cara ini merupakan cara paling aman untuk menjaga BlackBerry 10 Anda tetap dalam keadaan siaga karena cara untuk membuka kunci layarnya harus dilakukan dengan 2 tahapan. Hanya menggunakan proses *swipe* pada layar BlackBerry 10 untuk membuka kuncinya memang sedikit riskan. Belum kemungkinan sentuhan yang dilakukan tanpa sengaja, bahaya juga mengikuti setelahnya, termasuk apa yang dapat kita lakukan tanpa sadar. Siapa tahu, ketika layar sudah terbuka secara tidak sengaja, Anda juga melakukan hal gawat setelahnya? *Delete contact*

Blackberry 10