Berita BlackBerry / Umum

Karna Di Anggap Terlalu Aman Blackberry Akan di Blokir oleh Pakistan?

Advertisement
BlackBerry
BlackBerry

Pemerintahan Negara Pakistan beberapa waktu lalu memang telah berikan arahan kepada PTA (Pakistan Telecommunication Authority), untuk Blokir server layanan Blackberry karena di Anggap dapat timbulkan ancaman keamanan, konon katanya pemblokiran  BlackBerry’s Enterprise Server, akan di mulai pada tanggal 1 Desember 2015 yang akan datang ini.

BES adalah sebuah layanan BlackBerry untuk dunia bisnis, yang dioperasikan dengan server-server Exchange atau Domino, platform keamanan tingkat tinggi yang memberikan kepada perusahaan-perusahaan fitur swatantra dan mudah diatur untuk perangkat-perangkat BlackBerry, berikut pula dengan berbagai aplikasi yang digunakan mereka tanpa memperhitungkan banyaknya akses yang mereka miliki ke layanan-layanan atau jaringan-jaringan yang berbeda.

PTA telah mengirimkan surat kepada para operator seluler Pakistan yang menekankan tentang pemblokiran jaringan BES pada bulan Desember mendatang. Walau begitu, larangan ini tidak akan berpengaruh pada BlackBerry Internet Service, platform bagi para konsumen yang memberikan layanan online kepada berbagai smartphone BlackBerry versi lama.

Karena BES merupakan layanan untuk dunia bisnis, juru bicara PTA, Khurram Mehran, mengatakan bahwa langkah pemerintah ini sebisa mungkin tidak akan mempengaruhi lebih dari 5000 penggunanya yang ada di Pakistan.

Pemerintah Pakistan beralasan bahwa, “Ada tantangan tersendiri ketika layanan email BlackBerry tidak bisa dideteksi atau dibaca sandinya, yang menimbulkan kekhawatiran atas keamanan.”

Sebuah dilema untuk BlackBerry dan para penggunanya, dimana privasi dan keamanan malah dianggap sebagai ancaman oleh suatu negara.

BlackBerry