Umum

Jika Beralih Sepenuhnya Je Android, Blackberry akan Hemat $266jt?

Advertisement
AndroidSlider
AndroidSlider

Saat peluncuran perangkat Android pertama dari Blackberry, yang bernama Blackberry Priv, atau yang kemarin disebut Blackberry Venice. Seorang pakar dari Scotia Capital mengucapkan bahwa Blackberry Menempuh langakh yang pintar untuk Tinggalkan Blackberry 10 dan Memakai OS Android di perangkatnya-Perangkatnya pada masa depan.

Dan rencana ini akan dimulai dengan perangkat bernama aneh, Priv, sebuah smartphone dengan keyboard slider yang akan dirilis bulan November mendatang di Amerika Serikat.

Menurut penuturan Daniel Chan, pakar dari Scotia Capital, BlackBerry bakal menghemat pengeluaran hingga $266 juta per tahunnya dengan menghentikan BlackBerry 10. Penghematan tersebut didapatkan dari penghentian sekitar 1400 orang yang bekerja di bagian riset dan teknologi. Chan juga mengatakan bahwa pergantian ke sistem Android juga akan semakin memudahkan BlackBerry dalam mencapai tujuan menjual 10 juta smartphone setiap tahunnya, walaupun angka tersebut mewakili hanya sekitar 1% saja dari pasar smartphone Android.

Perpindahan ke Android juga akan membuat smartphone BlackBerry bisa menjalankan aplikasi Android, yang nampaknya menjadi salah satu kunci masalah di balik sulitnya penjualan perangkat BlackBerry. Menurut Chan, risiko satu-satunya yang dihadapi BlackBerry dalam langkahnya menuju Android adalah penyatuan para grup konsumen, pemerintahan dan perusahaan dari kedua sistem operasi tersebut. Tentu saja fans BlackBerry akan ragu untuk berpindah ke Android karena sudah nyaman dengan kenyamanan dan keamanan yang diberikan oleh platform BlackBerry.

Chan juga menyebutkan bahwa kerjasama BlackBerry dengan Samsung, serta KNOX sandbox, bakal menempuh jalan yang panjang untuk meyakinkan para pengguna BlackBerry, seperti pemerintahan dan perusahaan, dalam menggunakan perangkat yang menggunakan sistem operasi Android. Dan itu alasan tersebut, tampaknya BlackBerry harus menjaga pemikiran untuk tetap mengupah sekitar 1400 pekerja di R&D agar terus mengembangkan BlackBerry 10 dan menjaga kepercayaan yang telah diberikan kepada mereka.

AndroidSlider