Aplikasi BlackBerry / Panduan BlackBerry

Cara Mudah Backup 3rd Application Di Perangkat BlackBerry

Advertisement

Takut kehilangan aplikasi pihak ketiga 3rd Party Application di perangkat BlackBerry anda? Ada yang tahu nggak apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan 3rd Party Application, atau aplikasi pihak ketiga?bbdm

Perlu anda ketahui, 3rd Party Application merupakan aplikasi – aplikasi yang terinstall di perangkat BalckBerry anda yang bukan merupakan aplikasi bawaan perangkat BlackBerry. 3rd Party Application akan hilang jika anda mlakukan WIPE OS atau install ulang OS perangkat BalckBerry anda, dan anda butuh menginstallnya kembali semua aplikasi tersebut. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya anda melakukan Back Up sebelum anda melakukan Wipe atau Install ulang OS BB anda.

Berikut Cara Gampang untuk melakukan Back Up 3rd Party Application  atau aplikasi tambahan (pihak ketiga) yang anda di perangkat BlackBerry anda :

  1. Hubungkan perangkat BB anda ke PC/Laptop dengan menggunakan kabel data dan pastikan anda telah menginstall aplikasi BlackBerry Dekstop Manager
  2. Jalankan aplikasi BBDM (BlackBerry Dekstop Manager).
  3. Pastikan perangkat BB anda sudah terhubung.
  4. Klik pada Device Switch Wizard. ikuti perintah hingga muncul gambar BB anda dan tampil PIN BB anda di layar
  5. Pada kolom Options, pastikan hanya Third Party Application yang tercentang.
  6. Klik Next, biarkan proses berlangsung dan tampil kotak dialog  Select Your New Device. Abaikan saja dan biarkan tetap tampil.
  7. Kemudian buka search dari Start Menu Windows, pilih All Files and Folders. Pada bagian sub menu More Advance Options, ceklis pada opsi Search hidden files and folders. Kemudian pada kolom ‘file name’ isi dengan PIN BB anda.
  8. Setelah hasil dari proses search tampil maka akan ada folder dengan nama PIN BB anda, copy folder tersebut dan simpan di direktori mana saja yang mudah bagi anda pada saat anda ingin merestore kembali 3rd Party Applications tersebut.
  9. Terakhir kembali ke BBDM klik cancel pada kotak dialog Select New device tadi.

Selesai….! Semoga membantu..!