Panduan BlackBerry / Review BlackBerry / Tips BlackBerry

Cara memilih Power Bank Yang baik Untuk Smartphone Anda

Advertisement
Power Bank
Power Bank

Power Bank atau yang seringkali dikenal dengan charger portable yaitu adalah sebuah alat pengisian baterai,tidak hanya ponsel saja,mp3 player pun bisa dengan mudah di isi daya dari sebuah power bank, hmmm tetapi bagaimana kita dapat memilih produk/powerbank yang baik? berikut ulasannya.


1. Ketahui Kapasitas Power Bank
Sangat penting dalam memilih kapasitas karena ini akan mengetahui berapa kali kita bisa men-charge gadget dengan kapasitas total powerbank tersebut. Misalnya kita punya ponsel dengan kapasitas baterai 1200 mAh jadi kita perlu power bank dengan kapasitas yang lebih besar semisal membeli kapasitas 3000 mAh jadi kita bisa men-charge beberapa kali. Ini hanya hitungan kasar karena masih ada loss atau daya yang hilang sehingga tentunya dipastikan pengisian berikutnya tidak akan sampai penuh.

2. Lihat Tegangan Output
Ketika membeli power bank pasti kita akan mendapat kabel yang satu seperti USB dihubungkan ke power bank dan satunya lagi biasanya dengan banyak cabang dihubungkan ke gadget. Nah biasanya ada tulisan 1A dan 2A yang menunjukkan ampere. Kalau semisal kita punya ponsel dengan baterai 1200 mAh, dengan menggunakan kabel colokan 1A berarti perlu waktu mengisi sekitar 1.5 jam dan berarti kalo memakai 2A hanya perlu mengisi 45 menit. Ini tidak sepenuhnya salah tetapi ada beberapa gadget yang tidak mengijinkannya jadi walaupun dipake kabel 2A tetap pengisiannya menggunakan 1A.

3. Cermati Fitur Yang Dimiliki Power Bank
Ada beberapa fitur keselamatan yang harus ada karena bahaya tidak memandang kapan akan terjadi semisal korslet yang mengakibatkan kebakaran.

Overcharge, perlu ada perlindungan ini dimana power bank akan melindungi gadget anda dari arus yang berlebihan ketika pengisian sudah penuh.
Short Circuit, atau biasa dikenal arus pendek dimana bisa melindungi gadget dari hal ini yang biasanya salah satu penyebab terjadinya kebakaran.
High Temperature, diperlukan perlindungan agar power bank mendeteksi ketika menyuplai daya ke gadget tidak menimbulkan panas yang berlebihan.

4. Kelengkapan Power Bank
Biasanya power bank memiliki kabel A/C, konektor dan lampu indikator. Usahakan membeli powerbank baru bukan yang bekas karena ini sangat mempengaruhi daya tahan baterai untuk mengisi gadget anda.

5. Gunakan Kabel Gadget Asli
Lebih baik gunakan kabel asli yang dihubungkan ke power bank. Mengapa? Ini karena kabel asli bawaan pabrik lebih stabil mengeluarkan output dibandingkan kabel bawaan dari power bank. Jangan sampai gadget anda rusak karena hal ini.

6. Model dan Kualitas
Sebaiknya pilih yang portable dan tidak terlalu besar sehingga tidak repot dibawa bepergian dan juga kualitas dari cell baterainya pilih Japan Cell atau Sanyo karena 2 cell ini memang sudah terbukti bagus.

7. Garansi Minimal 1 Tahun
Karena banyak sekali power bank model palsu, biasanya mereka tidak terlalu memberi garansi dengan rentang waktu yang lama. Pastikan juga itu bukan garansi toko tapi memang benar garansi dari pabrik resmi. Garansi minimal setahun membuktikan bahwa power bank merk tersebut memang berkualitas bagus sehingga mereka berani menjamin produk mereka.

8. Harga Menjamin Kualitas
Ada harga ada kualitas, memang tidak selamanya poin ini menjamin apalagi kalau beli power bank yang dipalsukan tapi dijual mahal. Maka dari itu, kalau memang sayang dengan gadget lebih baik cari tau dulu merk asli rentang harganya sekitar berapa.

Power bank hanya bagi orang yang butuh mobilitas tinggi, diperlukan hanya ketika bepergian jauh, mendaki gunung atau berkemah.

Power Bank