Aplikasi BlackBerry

Blackberry Bekerja sama Dengan Grup Emtek Untuk Kembangkan BBM

Advertisement

Dikabarkan Blackberry menjalankan kerjasama dengan aliansi strategis yaitu PT elang Mahkota Teknologi Tbk atau yang biasa di sebut Emtek.

BBM Emtek
BBM Emtek

Aliansi itu berikan Akses pada Konsumen Blackberry Mesenger atau BBM yang berujung pada konten dan layanan.

Kerjasama perusahaan Indonesia dengan perusahaan telekomunikasi global ternama itu diwujudkan dalam bentuk perjanjian lisensi software dan hak kekayaan intelektual BBM.

BlackBerry dalam siaran pers bersama menyebutkan, Emtek sebagai perusahaan media dan konten terkemuka Indonesia, adalah rekan bisnis yang ideal dalam upaya pengembangan inovasi dan kemampuan aplikasi BBM.

Bermitra dengan Emtek, menurut BlackBerry, memungkinkan pertumbuhan sektor konsumen dan korporat BBM. Seiring dengan pengembangan Emtek atas platform konsumen, BlackBerry akan meneruskan pertumbuhan platform korporat dengan BBM Protected, layanan pesan antar platform yang paling aman di dunia.

Langkah ini juga merupakan salah satu strategi BlackBerry dalam meningkatkan pendapatan dan menaikkan marjin laba.

Kemitraan dengan Emtek tidak hanya memfasilitasi pencapaian target tersebut, tetapi juga akan membantu BlackBerry dalam mencapai efisiensi operasional dan biaya.

Selain itu, dalam waktu yang bersamaan juga meningkatkan pertumbuhan bisnis BBM, karena Emtek akan melakukan investasi sumber daya manusia, infrastruktur, pengembangan teknologi dan ekosistem.

“Latar belakang yang kuat dalam industri hiburan, konten dan teknologi menjadikan Grup Emtek sebagai rekanan bisnis yang sempurna untuk memaksimalkan potensi aplikasi layanan pesan BBM, sekaligus juga memenuhi tujuan keuangan dan operasional kami,” kata John Chen, Executive Chairman dan CEO BlackBerry.

Pengguna BBM, lanjutnya, adalah orang-orang yang penuh gairah dan benar-benar menghargai BBM sebagai cara terbaik untuk berbagi dan terhubung satu sama lain. “Kami ingin terus menawarkan pengguna kami dengan media yang lebih kaya akan konten dan layanan baru seperti e-commerce, video, musik dan game.”

Menurut CEO Emtek, Alvin Sariaatmadja, kerjasama dengan BlackBerry akan memungkinkan para pengguna BBM, khususnya di Indonesia, mengakses konten eksklusif berupa hiburan, teknologi dan produk dan layanan digital Emtek yang banyak dicari.

“Kami melihat peluang besar mengembangkan bisnis konsumen BBM secara global. Kami juga semangat untuk berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan untuk lebih memajukan BBM.”

Kemitraan melalui perjanjian lisensi ini diusung guna mempercepat visi BlackBerry, memajukan BBM untuk pasar konsumen. Perjanjian lisensi dengan Emtek memungkinkan perusahaan mengembangkan aplikasi-aplikasi dan layanan-layanan baru BBM untuk pangsa pasar Android, iOS dan Windows Phone.

Dirikan Kantor di Toronto

Untuk memperkuat rencana besar ini, KMK Online sebagai divisi konten digital Emtek, berencana mendirikan kantor di wilayah Toronto untuk bekerja sama dengan BlackBerry.

KMK Online memiliki jangkauan yang luas dalam aset-aset media yang akan dikombinasikan dengan lebih dari 20 perusahaan dan berbagai investasi Emtek untuk menciptakan layanan dan nilai yang signifikan bagi BBM.

Investasi-investasi ini mencakup siaran televisi, situs dan aset web, produksi konten dan para artis seniman. Dengan demikian, dalam beberapa bulan mendatang, para pengguna akan memiliki akses ke sejumlah besar konten.

Konten-konten itu antara lain, televisi nasional free-to-air (FTA), platform video online terkemuka, tiga rumah produksi eksklusif, perpustakaan yang mencakup lebih dari 100 ribu jam konten TV dan konten premium lainnya.

BlackBerry juga akan memperluas ekosistem mobilitas terbuka dengan membuat aplikasi program antarmuka (interface) BBM (API) yang tersedia untuk Emtek agar dapat mempercepat pertumbuhan para mitra dan penyedia layanan jasa.

Dengan mengintegrasikan fitur sosial media, chatting, e-commerce dengan portofolio aset dan ekosistem Emtek yang cukup signifikan, akan membantu memaksimalkan potensi BBM dalam memberikan pelanggan akses terhadap hal hal baru seperti:

  • Konten-musik dan video streaming, game, jaringan olahraga dan berita, selebriti blog dan lebih banyak lagi.
  • Perdagangan-belanja, hadiah dan kupon/voucher.
  • Perdagangan Online to Offline-mereservasi bioskop, perjalanan wisata, pelayanan kesehatan atau lowongan pekerjaan.
  • Keuangan-proses pembayaran, transfer uang, isi ulang ponsel dan utilitas penagihan.

Sebagai salah satu pemberi layanan pesan terdepan, BBM antar platform telah mengalami popularitas yang signifikan di Indonesia, dengan hampir 60 juta pengguna aktif per bulannya.

BBM memungkinkan para penggunanya untuk senantiasa terhubung secara sosial dan terlibat antara satu sama lain melalui layanan pesan, suara dan video komunikasi dan saluran sosial media secara real-time. BlackBerry menawarkan layanan BBM untuk platform Android, iOS dan Windows Phone, BlackBerry 10 dan BlackBerry OS.

Seperti diketahui, BlackBerry didirikan pada tahun 1984 dan berdomisili di Waterloo, Ontario. BlackBerry memiliki kantor-kantor yang beroperasi di Amerika Utara, Eropa, Timur Tengah dan Afrika, Asia Pasifik dan Amerika Latin. Saham Blackberry terdaftar dengan simbol ticker “BB” di Bursa Efek Toronto dan “BBRY” di NASDAQ.

Sedangkan Emtek adalah grup media, konten dan teknologi terbesar di Indonesia. Emtek mengoperasikan tiga stasiun televisi free-to-air (SCTV, Indosiar dan O-Channel), stasiun televisi berbayar (Nexmedia) dan beberapa perusahaan jasa solusi IT.

Terkait dengan bisnis televisi, Emtek Group juga merupakan pemegang saham pengendali di beberapa rumah produksi, yang diantaranya telah berhasil menghasilkan film untuk bioskop dan televisi, drama seri dan animasi.

Kehadiran Emtek dalam industri media online Indonesia telah cukup besar melalui anak usahanya PT Kreatif Media Karya (KMK). KMK saat ini memiliki dan mengoperasikan portal Liputan6.com, salah satu dari tiga portal berita terbesar di Indonesia, portal video Vidio.com, portal hiburan Bintang.com, portal olahraga Bola.com dan portal kerja lokal terkemuka Karir.com.

Tidak hanya itu saja tapi KMK, Grup Property Guru, Bukalapak.com, juka terjun ke dalam untuk melakukan invesatasi, menarik bukan? 😀

BBM Emtek