Berita BlackBerry / Review BlackBerry

Bisakah Blackberry Priv tetap aman walaupun Operasi Sistemnya Android?

Advertisement

Blackberry Priv memang ga sama dengan perangkat sebelumnya, perangkat ini cukup meraih banyak sorotan lebih darih pemakai dari Publik smartphone, perangkat ini memang spesial tidak hanya jadi smartphone pertama dari Blackberry yang memakai OS Android namun juga mempunyai tampilan yang terbilang stylish dengan keyboard silder, serta kenekatan perusahaan yang dipimpin oleh John Chen itu untuk memasuki OS yang kabarnya memiliki banyak celah dan sering di salah gunakan oleh pihak ;ain padahal perangkat dari Blackberry sendiri di buat untuk utamakan Keamanan para konsumennya.

BlackBerry Priv
BlackBerry Priv

Pertanyaan yang kemudian muncul, apa yang akan dilakukan BlackBerry untuk menutup celah-celah pada sistem operasi Android dan membuatnya sama aman dan nyamannya dengan sistem operasi mereka sendiri? Untuk menjawab pertanyaan ini, BlackBerry menuliskan sebuah postingan blog yang menekankan tentang cara agar perangkat-perangkat mereka bisa aman dan nyaman, bebas dari tangan-tangan jahil para hacker.

Dalam artikel yang berjudul “PRIV is for Private: How BlackBerry Secures the Android Platform,” BlackBerry memberikan penjelasan mengenai bagaimana mereka ditantang untuk menjaga reputasi sebagai penyedia sistem operasi paling aman di dunia smartphone. Menurut sang CEO, John Chen, BlackBerry telah menyelesaikan pekerjaan rumah mereka. Inti dari usaha untuk menyediakan sebuah User Experience yang aman adalah Hardware Root of Trust, yaitu dengan mematangkan kunci cryptographic pada hardware. Priv juga menyertakan Verified Boot dan Secure Bootchain, yang secara kolektif melakukan verifikasi setiap aspek dari hardware dan software untuk memastikan bahwa tidak ada satu pun yang dimodifikasi secara berlebihan. Selain itu, ada pula penjelasan tentang sesuatu yang disebut sebagai “kernel Linux yang dikuatkan”, sementara enkripsi atau pengamanan full-disk diaktifkan secara default. Artinya, bagi yang suka mengoprek smartphone, tampaknya melakukan flashing atau rooting di Priv akan menjadi sesuatu yang luar biasa sulit untuk dilakukan.

Priv sendiri berani mengklaim bahwa mereka adalah smartphone terbaik di dua dunia, yaitu sebagai perangkat yang menawarkan model keamanan kelas dunia dari BlackBerry di dunia yang dikenal oleh banyak orang, yaitu Google Android. Perangkat ini ditujukan bagi mereka yang memerlukan keamanan tingkat tinggi dalam ber-smartphone, tetapi memerlukan ruang gerak yang luwes dan terus mengalir. Untuk itulah, BlackBerry Priv begitu ditunggu-tunggu oleh banyak pihak, baik dari penggemar BlackBerry sendiri, maupun Android.

BlackBerry Priv