Anda Kehilangan Smartphone, Berikut Cara Melacaknya!

Apakah kalian pernah merasakan kehilangan handphone? Atau hape kalian tiba-tiba dicuri oleh orang lain? Jika pernah, apa yang kalian lakukan? Kalau cuma sekedar pasrah, itu namanya kalian belum paham teknologi. Karena ada sebuah cara mudah untuk melacak handphone kalian.

Smartphone
Smartphone

Kalian hanya perlu menghafal akun email yang ada pada handphone yang hilang tersebut. Mau tahu gimana caranya? Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut.

  1.         Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah cari aplikasi di Google Playstore yang bernama “Temukan Perangkat Saya”, setelah itu download aplikasinya.
    Aplikasi ini hanya berukuran sekitar 2 MB, jadi sangat ringan dan nggak akan lama untuk proses downloadnya.
  2.          Jika proses download sudah selesai, silakan kalian buka aplikasi tersebut. Ketika dibuka, akan muncul 2 pilihan.
  3.         Pilihlah “Sign As Guest” atau jika pakai bahasa Indonesia, maka tulisannya adalah “Masuk Sebagai Tamu”.
  4.         Setelah itu kalian akan diminta untuk memasukkan akun alamat email. Nah ini dia hal terpenting yang harus kalian isi. Isilah alamat email sesuai dengan alamat email yang kalian pakai di handphone yang hilang tersebut. Jika sudah memasukkan alamat email, kalian akan diminta untuk memasukkan kata sandi email kalian.
    Perlu diingat, kata sandi disini adalah kata sandi alamat email, bukan kata sandi handphone kalian ya. Jika sudah selesai, maka aplikasi ini akan melacak keberadaan handphone tersebut.
  5.         Setelah itu, ada tiga pilihan yang bisa kalian gunakan untuk menemukan handphone yang hilang. Pilihan pertama adalah “Play Sound” atau “Bunyikan Suara”, opsi ini memungkinkan kalian untuk membunyikan handphone yang hilang meskipun handphone tersebut sedang ada pada mode silent sekalipun. Pilihan kedua ada “Secure Device” atau “Amankan Perangkat”.

Nah kalau opsi ini, kalian bisa membuat handphone yang hilang menelpon ke nomor yang kalian inginkan. Dengan opsi ini kalian juga dapat membuat pesan kepada orang yang menemukan handphone untuk mengembalikannya.

Pilihan ketiga adalah “Erase Device” atau “Hapus Perangkat”, jangan pernah menekan opsi ini jika kalian tidak mau semua data yang ada di handphone kalian hilang. Namun opsi ini sangat membantu jika orang yang menemukan handphone kalian itu tidak mau mengembalikan handphone tersebut. Karena dengan sekejap, data penting atau pribadi yang ada di hape kalian bisa dihapus.

Nah itu tadi beberapa langkah awal untuk mengatasi handphone kalian yang hilang. Ingat jangan panik, lakukan langkah demi langkah, niscaya handphone kalian akan kembali.