Akhirnya! Lenovo Z5 Pro Resmi Meluncur

Lenovo secara resmi telah merilis smartphone slider pertamanya yang memiliki kemiripan desain Xiaomi Mi MIX 3 dan Honor Magic 2. Sepertinya beberapa pabrikan smartphone asal Cina memang sedang getol untuk merilis smartphone dengan desain slider.

Lenovo Z5
Lenovo Z5

Yap! Lenovo Z5 Pro datang dengan layar berukuran 6,4 inci FullHD+ dan sudah mengadopsi teknologi Super AMOLED besutan Samsung. Selain itu, Lenovo juga sukses meramu smartphone barunya ini dengan bezel yang sangat tipis, yakni hanya 2,07 mm. Selain itu, smartphone ini memiliki rasio screen-to-body mencapai 95.06 persen dan aspek rasio 19,5:9. Tidak berbeda dengan Honor Magic 2, Lenovo juga mengemas Z5 Pro dengan dukungan sensor pemindai sidik jari di dalam layar.

Dalam urusan memotret, ada dukungan dual-camera belakang dan dual-camera depan yang semuanya sudah dilengkapi dengan teknologi AI. Adapun konfigurasi dual-camera belakang yang disematkan adalah 24 MP dengan sensor Sony IMX576 + 16 MP dengan sensor Sony IMX519. Lenovo juga melengkapi dual-camera belakangnya ini dengan dukungan dual aperture f/1.8, 4K video recording dan mode pemotretan malam.

Sementara dual-camera depan memiliki konfigurasi 16 MP sebagai lensa utama dengan aperture f/2.2 + 8 MP lensa infrared. Selain itu, dual-camera depannya ini juga terintegrasi dengan IR face recognition untuk membuka kunci perangkat yang bisa digunakan dalam kondisi minim cahaya.

Meski Lenovo Z5 Pro tidak dibekali port jack audio 3.5mm, konsumen akan menemukan fitur NFC, Bluetooth 5.0 dan Dual-SIM Card. Selain itu, Lenovo juga menjanjikan dalam hal kualitas audio yang ditawarkan berkat dukungan Dolby Atmos. Hanya saja, jika berbicara mengenai chipset yang dibenamkan, Lenovo lebih percaya diri untuk memuat Snapdragon 710 ke dalam Lenovo Z5 Pro. Yap! Ini berbeda dengan Honor Magic 2 dan Xiaomi Mi MIX 3 yang di dalamnya sudah terpasang chipset kelas atas.

Demi mendongkrak kinerjanya, Snapdragon 710 yang ada di dalam Z5 Pro telah dipasangkan dengan RAM 6 GB. Begitu juga pilihan penyimpanan internalnya sangat terbatas, yakni hanya ada 64 GB dan 128 GB. Kekurangan lainnya, Lenovo tidak menyertakan slot microSD ke dalam smartphone ini. Sedangkan untuk urusan catu daya, smartphone ini datang dengan baterai berkapasitas 3.350 mAh yang sudah mendukung pengisian cepat 18W.

Perihal harga yang ditawarkan, Lenovo menjual Lenovo Z5 Pro model RAM 6 GB + ROM 64 GB dengan harga 1.998 Yuan atau sekitar Rp4,4 juta. Sedangkan model RAM 6 GB + ROM 128 GB dibanderol dengan harga 2.998 Yuan atau sekitar Rp6,5 juta.