Umum

2 Cara Mudah Uninstall / Delete Aplikasi di BlackBerry

Advertisement

Tips dari kami kali ini masih seputar aplikasi. Ada beberapa orang atau pengguna smartphone BlackBerry yang gemar pasang atau istilahnya install dan install aplikasi tanpa memikirkan apakah aplikasi tersebut diperlukan atau tidak, yang penting dan pokoknya mencari aplikasi di BlackBerry App World dan  kemudian menginstallnya demikian terus hingga baru kemudian merasakan dampaknya, yakni BlackBerry yang mereka gunakan lain dari biasanya alias lemmot karena space memory RAM ataupun media penyimpanan internalnya sudah penuh sesak.

Tips BB, APlikasi BB
Cara Mudah menguninstall aplikasi blackberry

Lantas bagaimana mengatasi hal tersebut?. Tidak ada jalan lain kecuali menguninstall / delete aplikasi yang sudah tidak kita perlukan lagi. Ada 2 pilihan cara yang bisa anda gunakan untuk meng-uninstall atau men-Delete aplikasi dari perangkat BlackBerry yang anda miliki langsung dari perangkat BlackBerry anda. Berikut 2 cara mudah tersebut :

Cara Pertama :

    1. Anda dapat melakukannya dengan masuk ke menu BlackBerry App World dari Home Screen BlackBerry anda.
    2. Selanjutnya scroll ke bawah dan pilih My World

  1. Anda akan melihat daftar aplikasi yang anda install.
  2. Pilih aplikasi yang anda inginkan.
  3. Klik tombol Del di Keypad, atau anda jika anda menggunakan BlackBerry dengan touch screen, tekan tanda “silang merah” di screen.
  4. selanjutnya anda pilih Delete atau Unistall, untuk perbedaan kedua opsi tersebut silahkan anda baca : Perbedaan antara Delete Dengan Uninstall di BlackBerry.

Cara Kedua :

  1. Jika anda menggunakan BlackBerry OS 5, Dari Home Screen masuk ke menu Options -> Applications, Jika anda menggunakan BlackBerry OS 7, Dari Home Screen masuk ke menu Options -> Device -> Application Management.
  2. Setelah muncul jendela Applications, di pojok kanan atas ada tombol yang berisi 3 opsi, Silahkan pada BlackBerry OS 5 : Third Party, Add-on dan Core) Sedangkan pada BlackBerry OS 7 : All, Required dan Optional. Pada BlackBerry OS 5, Third Party artinya aplikasi pihak ketiga dari pengembang diluar RIM, Add-on merupakan aplikasi pendukung dari RIM, sedangkan Core merupaka aplikasi inti atau utama yang pasti dikembangkan oleh RIM. Sedang pada BlackBerry OS 7, arti ketiga opsi tersebut, All akan menampilkan semua aplikasi yang ada di perangkat BlackBerry, Required merupakan aplikasi tambahan namun dibutuhkan, sedangkan Optional merupakan aplikasi yang perlu  atau tidaknya tergantung dari kebutuhan penggunanya.
  3. Carilah aplikasi yang ingin anda unistall atau delete.
  4. klik pada aplikasi tersebut.
  5. Tekan tombol “Delete”